-->

5 Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula, Bisa Lewat Hp ?

Ada 5 Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula, Bisa Lewat Hp ?

5 Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula, Bisa Lewat Hp ?

Sosiologi Info - Bagaimana cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula, bisa lewat Hp android ? 

Mau tahu gimana buat website yang gratis selamanya seumur hidup untuk kerperluan toko online, bisnis, pribadi, portofolio, personal branding.

Nah kamu bisa membuat website gratis dengan menggunakan platform wordpress, terus langkahnya gimana ? Yuk simak dibawah ini.

Sekilas Mengenal Apa Itu Website 

Era perkembangan dan kemajuan dalam teknologi telah membuat perubahan dalam masyarakat. Seperti munculnya berbagai platform yang digunakan manusia.

Misalnya platform website yang kini menjadi hal wajib bagi setiap perusahaan, bisnis, maupun individu. Dalam mengenalkan suatu brand atau produk yang dimiliki.

Melalui website akan ada banyak orang mengakses dan membaca informasi yang dipublikasi pada laman website tersebut. 

Berbagai akses informasi mudah didapatkan hanya dengan mengujungi website dari suatu perusahaan atau bisnis, jasa, toko online, dan lainnya. 

Dengan adanya website seseorang akan mudah melakukan suatu transaksi jual beli maupun hanya sekadar membaca informasi.

Memang website dikalangan masyarakat di Indonesia sudah sangat umum.Namun, sebagian orang masih belum begitu familiar serta pandai dalam membuat situs.

Lantas bagaimana cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula ? Nah inilah cara buat website gratis selamanya.

Bisa dengan cara membuat website gratis lewat hp, begitu juga dalam membuat website gratis wordpress, cara membuat website toko online, dan cara membuat website bisnis.

Coba ikuti beberapa langkah penting dalam membuat website gratis tanpa biaya, dan menghilangkan mindset, bahwa membuat situs resmi itu mahal.

Itulah yang menjadi anggapan banyak masyarakat Indonesia. Ternyata ada cara untuk membuat website murah, aman, gratis untuk pemula. Ikuti langkah berikut ini.

Beberapa cara dan tips mudah dalam membuat website tanpa biaya hanya dengan menggunakan wordpress, yaitu sebagai berikut :

1. Tentukan dulu jenis website yang ingin dibuat

2. Jangan lupa untuk dapat mengatur hosting dan domain atau nama website yang ingin dibuat, sesuaikan dengan kebutuhan

3. Ingat untuk dapat mengatur tema dan tampilan yang menarik, responsive serta diminat para pengunjung dan pembaca

4. Perhatikan dan sesuaikan dengan plugin yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah website rintisan

5. Terakhir, upayakan untuk menyesuaikan dan mengoptimasikan website yang dibuat tersebut dengan baik

Nah itulah sekilas ada lima langkah penting dalam cara membuat website gratis untuk pemula, mudah, aman dan tanpa biaya.

Selanjutnya kita akan membahas fokus dari pembuatan website gratis tanpa biaya dengan platform Wordpress untuk pemula. 

Dimana dengan catatan bahwa penggunaan Wordpress oleh 40 persen dari seluruh website yang ada di internet. 

Membuat Wordpress telah dianggap sebagai salah satu Content Management System atau CMS terbaik untuk membuat website gratis.

Ada 5 Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula, Bisa Lewat Hp ?

Perhatian penjelasan dibawah ini dengan seksama ya agar paham dasar dasar dalam pembuatan suatu website rintisan baik untuk toko online, bisnis, dan bisa lewat hp.

1. Penjelasan Menentujan Jenis Website yang akan Dibuat

Ingat jangan terburu-buru dalam membuat website gratis untuk selamanya. Kenapa ? Ya karena inilah awal dari branding yang ingin dibuat.

Sehingga perlu untuk menentukan jenis website gratis yang akan dibuat. Tujuannya agar sesuai dengan pasar atau target pembaca.

Nah dibawah ini ada beberapa pilihan jenis website yang dapat ditentukan sebagai pilihan yaitu sebagai berikut :

> Website personal yaitu sebuah website yang mana dipergunakan hanya untuk kepentingan pribadi seseorang sebagai halaman resmi di dunia digital.

>Website toko online yaitu jenis website yang dibuat dengan tujuan sebagai tempat jual beli online yang dipergunakan oleh masyarakat luas. 

> Blog yaitu jenis website yang mana menyajikan suatu informasi artikel yang terbaru, informatif, terkini yang menarik pembaca serta pengunjung maupun visitor. 

> Website organisasi atau instansi resmi yaitu sebuah website yang mana dimanfaatkan untuk tujuan pengenalan organisasi, baik untuk umum, pemerinahan.

> Portal berita yaitu jenis website yang memberikan suatu informasi berita terbaru dalam waktu singkat, cepat dan mudah dipahami oleh masyarakat luas.

> Website sekolah, universitas dan di bidang pendidikan yaitu sebuah jenis website yang digunakan untuk pengenalan dunia pendidikan, mulai dari profil kelas, ruangan.

Secara lengkap mengenai lingkungan kampus, atau sekolah di dalam bidang pendidikan, sehingga masyarrakat mudah mengenalinya.

> Website regional yaitu biasanya jenis website ini digunakan oleh pemerintahan tingkat kota maupun kabupaten dan provinsi dalam mengenalkan diri kepada masyarakat. 

2. Penjelasan Mengatur Hosting dan Domain Website Gratis

Perlu diketahui bahwa dalam pembuatan website gratis memang tanpa biaya. Namun, untuk membuat website gratis maka tidak dapat menggunakan nama domian TLD.

Atau seperti (e.g:namawebsite.com). Itu karena kamu memakai domain tambahan di depan dari penyedia website gratos seperti halnya Wordpress.com

Nah disinilah konsekuensi lain menggunakan hosting dan domian gratis akan dibatasi fitur dari tampilan dan pengatur website maupun SEO.

3. Penjelasan Mengatur Tema dan Tampilan Website Gratis

Kemudian hal penting yang mestinya juga diperhatian dalam cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula yaitu tema dan tampilan websitenya. 

Nah disinilah untuk hal pengaturan tema dan tampilan pada website gratis juga akan terbatas.

Bagiaman cara mengatur tema dan tampilan pada website di Wordpress melalui dashboard dari cPanel yaitu :

1. Dengan mengunjungi namawebsite.com/wp-admin.

2. Selanjutnya setelah masuk di dalam dashboard, maka pilih menu Appearance > Themes > Add new

Kemudian, kamu akan memilih beberapa tema gratis yang tersedia. Jika sudah klik Aplly untuk dapat mengaktifkannya sebagai tema di website tersebut.

4. Penjelasan Memasang Plugin yang Dibutuhkan oleh Website

Teruntuk website yang sudah tertata dengan rapi, maka langkah selanjutnya adalah memasang plugin untuk dapat meningkatkan fitur dan fungsionalitas website.

Nah ada beberapa plugin yang wajib dimiliki sebuah website yaitu seperti LiteSpeed Cache dan Yoast SEO.

Kemudian untuk melakukan pemasangan atau install plugin maka kamu dapat mengakses di dashboard > Plugins > Add New

Nah kamu disini akan menemukan berbapa plugin misalnya seperti ada LitePeed Cache dan Yoast SEO. 

Setelah proses pemasangan plugin selesai, maka klik Activate agar plugin itu dapat dipakai dan bekerja dengan baik di website kamu.

5. Penjelasan untuk Optimasi Website

Nah langkah terakhir ini penting dalam cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula yaitu dengan mengoptimasi website yang telah dibuat tersebut. 

Dengan tips dan cara optmasi website inilah akan dapat membuat performa dari website akan berjalan dengan baik dan menguntungkan.

Nah optimasi website ini yaitu dengan dua bagian penting yaitu :

1. Pertama optimasi performa website 

Optimαsi performα website bisα dilαkukαn dengαn menggunαkαn temα website yαng ringαn dαn mobile friendly, mempercepαt loαdingnyα, dαn meningkαtkαn security website tersebut.

2. Kedua optimasi untuk search engine atau SEO

Sementαrα, optimαsi seαrch engine dαpαt dilαkukαn dengαn membuαt title tαg sesuαi kαtα kunci, menggunαkαn permαlink yαng singkαt dαn jelαs, dαn menulis konten yαng berkuαlitαs.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai Ada 5 Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula, Bisa Lewat Hp ?

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !