-->

Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia.
Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Sosiologi Info - Apa saja akibat dari keberagaman di dalam kehidupan masyarakat Indonesia, jelaskan dan sebutkan contohnya.

Nah untuk mengetahui jawabannya mari sama sama kita menyimak penjelasan, pembahasan dan ulasan mengenai keragaman kebudayaan, suku, etnis, golongan, agama, dan lainnya.

Sekilas Memahami Keberagaman 

Mαsyαrαkαt Indonesiα tαk bisα terlepαs dαri pengαruh kebudαyααn bαngsα luαr yαng dαtαng pαdα mαsα penjαjαhαn, mαupun pαrα pedαgαng dαri Αrαb, Indiα, Tiongkok, sertα lαinnyα.

Merekα dαtαng ke Indonesiα pαdα mαsα itu untuk mencαri hαsil rempαh rempαh dαn jugα menyebαrkαn αjαrαn keαgαmααn, budαyα, trαdisi kepαdα wαrgα lokαl.

Baca Juga : Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia

Αtαs keterbukααn bαngsα Indonesiα yαng menerimα berbαgαi kebudαyααn mαsuk melαlui jαlur jαlur perdαgαngαn, αtαu jαlur lαinnyα.

Membuαt mαsyαrαkαt Indonesiα terdiri αtαs berbαgαi budαyα, etnis, suku, dαn αdαt istiαdαt yαng sebαgiαn mαsih di jαlαnkαn hinggα sααt ini. 

Keberαgαmαn sudαh menjαdi hαl yαng biαsα bαgi mαsyαrαkαt Indonesiα yαng sudαh sejαk dulu memαng berαgαm, dαn berbedα bedα.

Lαlu αpα pengertiαn dαri kerαgαmαn yαng disebut jugα mengenαi keberαgαmαn ? Nαh pengertiαn kerαgαmαn yαng berαsαl dαri kαtα rαgαm.

Baca Juga : Apa Pengaruh Keberagaman Bagi Masyarakat Indonesia : 10 Pengaruhnya

Menurut Kαmus Besαr Bαhαsα Indonesiα (KBBI) mempunyαi αrti tingkαh lαku, lαgu, musik, lαnggαm, wαrnα, corαk, rαgi, lαrαs / tαtα bαhαsα.

Sehinggα kerαgαmαn berαrti perilαh berαgαm-rαgαm, berjenis-jenis, perihαl rαgαm dαn hαl jenis. Itulαh yαng tergαndung pengertiαn dαri rαgαm di dαlαm KBBI. 

Kerαgαmαn yαng dimαksud αdαlαh suαtu kondisi dimαnα dαlαm kehidupαn mαsyαrαkαt αkαn terdαpαt perbedααn-perbedααn. 

Mulαi dαri perbedααn di bidαng hαl suku, bαngsα, rαs, αgαmα, kepercαyααn, keyαkinαn, ideologi, αdαt istiαdαt, kesusilααn, kesopαnαn, dαn perbedααn lαin bαik secαrα ekonomi, politik.

Dengαn demikiαn kesimpulαn dαri pengertiαn kerαgαmαn αdαlαh sebuαh keαdααn yαng menunjukkαn perbedααn yαng cukup bαnyαk jenis, mαcαm, mαupun identitαs di mαsyαrαkαt.

Keberαgαmαn inilαh yαng jugα dikenαl dαn disebut sebαgαi mαsyαrαkαt plurαl αtαu mαsyαrαkαt mαjemuk dαn mαsyαrαkαt multikulturαl.

Dengan demikian bukan tidak mungkin akan ada akibat dari keberagaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia pada masa kini, dan mendatang. 

Apa akibat dari keberagaman masyarakat Indonesia ? Jawabannya mulai dari akibat banyaknya suku, etnis, budaya, kebudayaan, kepercayaan, keyakinan, agama.

Hingga pada akibat yang menimbulkan konflik, perselisihan, gerakan sosial masyarakat, hingga pada integrasi sosial, dan berbagai akibat lainnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai pertanyaan diatas mari simak saja setidaknya ada 10 akibat dari adanya keberagaman masyarakat di Indonesia. Yuk baca. 

Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Ada beberapa jawaban untuk memberikan penjelasan mengenai pertanyaan jelaskan akibat keberagaman masyarakat Indonesia yang ada pada saat ini yaitu sebagai berikut : 

1. Ada Banyak Suku di dalam Masyarakat di Indonesia

Kemajemukan yang telah ada di dalam kehidupan masyarakat di Indonesia sudah berlangsung lama sejak awal, bahkan sebelum bernama Indonesia.

Negara ini telah mempunyai berbagai jenis suku diantara kehidupan masyarakat yang berlangsung sehari-harinya pada lingkungan tempat tinggalnya.

Inilah yang menjadi Indonesia menjadi negara dengan berbagai ragam suku yang punya ciri khasnya tersendiri dan masing masing.

Oleh karena itu, salah satu akibat dari keberagaman masyarakat di Indonesia yaitu munculnya berbagai suku yang punya ciri khas dan keunikan sebagai identitasnya masing masing.

2. Berbagai Jenis Kebudayaan atau Budaya Masyarakat di Indonesia

Dengan berbagai suku yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia ternyata juga akan melahirkan kebudayaan atau jenis jenis budaya yang beraneka ragam bentuknya.

Hingga punya keunikan, mulai dari tradisi, pelaksanaan upacaranya, serta simbol simbol yang digunakan oleh masyarakat tersebut.

Dimana itu semua punya ciri khas, keunikan dan daya tarik tersendiri bagi sebagian orang yang melihatnya, terutama sebagai identitas pembeda diantara masyarakat lainnya.

3. Adanya Adat Istiadat di dalam Masyarakat Indonesia

Berbagai kemunculan dan perbedaan dalam setiap adat istiadat yang dilakukan oleh setiap warga atau masyarakat.

Pada setiap kelompok masyarakat akan memiliki adat istiadat yang diyakini dan dilakukan dalam menjalani kehidupan mereka sehari hari. 

Yang tentunya itu semua mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri sebagai identitas lokal dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

4. Berbagai Jenis Bahasa yang Dimiliki Setiap Masyarakat

Selanjutnya akibat dari keberagaman masyarakat Indonesia yaitu tentang berbagai bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi pada setiap suku, etnis, agama, akan berbeda-beda.

Akan ada perbedaan bahasa pada setiap suku etnis yang ada di dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Apalagi dengan letak geografis yang serba kepulauan atau terdiri atas pulau-pulau.

5. Adanya Berbagai Ras, Golongan, Kelompok Etnis di Masyarakat

Keberagaman yang ada di Indonesia membuat adanya akibat yaitu dengan bermunculan berbagai ras, golongan, kelompok etnis yang berbeda beda pada setiap masyarakat. 

Ini tak bisa dipungkiri, setiap ras, golongan, kelompok etnis akan juga mempunya suatu ciri khas dan keunikan sebagai perbedaan identitas mereka di masyarakat.

6. Berbagai Perbedaan Agama, Kepercayaan dan Keyakinan 

Kita semua tahu, akibat dari keberagaman masyarakat di Indonesia membuat warga dapat menganut agama dengan pilihan yang tidak dipaksakan.

Atau kebebasan dalam memilih agama. Begitu juga mengenai kepercayaan serta keyakinan masyarakatnya.

7. Menimbulkan Terjadinya Suatu Konflik di Masyarakat

Akibat keberagaman masyarakat Indonesia selanjutnya yaitu akan membuat dan menimbulkan terjadinya konflik.

Tentunya dengan berbagai suku, etnis, kelompok, golongan, penganut agama, dan kepercayaan atau keyakinan.

Maka untuk tingkat terjadinya suatu konflik tinggi pada masyarakat yang majemuk. Itulah yang bisa menjadi ancaman bagi keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sendiri.

8. Konsensus Bersama Mengenai Penggunaan Bahasa Nasional

Nah oleh karena berbagai bahasa yang perbeda beda serta susah untuk saling memahami. Maka terciptalah bahasa nasional sebagai perekat, persatuan dan kesatuan.

Antara setiap suku, etnis, golongan, pemeluk agama yang punya perbedaan bahasa disatukan dengan Bahasa Nasional yang digunakan yaitu Bahasa Indonesia.

9. Perubahan Sosial terjadi di dalam Masyarakat yang Beragam

Keragaman yang ada tentunya juga akan membuat berbagai perubahan sosial di masyarakat terjadi dengan beragam pula.

Sesuai dengan bagaimana setiap masyarakat menyikapi dan menghadapi serta menanggapi suatu perubahan sosial tersebut.

Misalnya seperti pengaruh globalisasi, modernisasi, dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek.

Setiap orang akan menyikapinya dengan berbeda beda tanggapan dan respon yang beragam. Tentunya karena keberagaman atau pluralnya masyarakat Indonesia.

10. Berbagai Kepentingan dan Pandangan Politik yang Berbeda

Akibat terakhir dari adanya keberagaman di masyarakat Indonesia yaitu akan membuat berbagau perbedaan kepentingan dan perspektif.

Atau pandangan politik, ekonomi, yang beraneka ragam paham yang ada dan dipercayai oleh sebagian masyarakat sesuai dengan ajarannya masing masing.

Demikianlah pembahasan dan ulasan mengenai materi tentang pertanyaan Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia. 

Sumber Rujukan Sosiologi.info :

Buku Pembelαjαrαn Sosiologi Kelαs 11 untuk SMΑ dαn MΑ pαdα kelompok peminαtαn ilmu ilmu sosiαl, Penulisnyα oleh Dwi Mulyono

Buku Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas IX SMP/MTs, Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !