-->

Judul Skripsi Sosiologi Pembangunan, Contohnya

Judul Skripsi Sosiologi Pembangunan, Contohnya
Judul Skripsi Sosiologi Pembangunan, Contohnya

Sosiologi Info - Apa saja contoh Judul Skripsi Sosiologi Pembangunan yang berkaitan di dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya pada lingkungan sekitar ?

Nah mau tahu contoh judul skripsi sosiologi terbaru mengenai tentang pembangunan di dalam masyarakat, yuk baca dibawah ini.

Pembangunan di Masyarakat

Perkembangan kehidupan manusia dalam lingkungan masyarakat pada setiap era akan mengalami suatu perubahan, pergeseran dan pergerakan.

Mulanya dari era tradisional menuju ke arah modernisasi atau serba canggih dengan bantuan teknologi digital di masyarakat tersebut. 

Proses ini terus dilakukan dengan membuat suatu perencanaan dan pelaksanaan suatu pembangunan yang tertata, tersusun dengan baik di masyarakat. 

Mulai dari adanya pembangunan jalan, rumah, dan fasilitas umum lainnya yang digunakan untuk kebermanfaatan kepada masyarakat sekitar. 

Seperti diketahui bahwa pembangunan adalah suatu orientasi kegiatan usaha yang tidak ada akhirnya. Oleh sebab itu, proses pembangunan yang terjadi di masyarakat adalah suatu perubahan sosial ekonomi.

Dimana pembangunan ini menjadi proses yang bergerak maju maupun suatu kekuatan yang tergantung pada manusia dan suatu struktur sosial yang ada ditengah masyarakat.

Pengertian pembangunan menurut para ahli, seperti Rogers berpendapat bahwa pembangunan adalah perubahan yang berguna menuju suatu sistem sosial.

Serta ekonomi yang diputuskan sebagai suatu kehendak bangsa itu sendiri. 

Kemudian, menurut W W Rostow menjelaskan pengertian pembangunan adalah proses yang bergerak dalam sebuah garis lurus yaitu dari masyarakat terbelakang.

Mengarah kepada masyarakat negara yang maju. Kemudian, menurut Siagian, pembangunan adalah merupakan usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan.

Yang mana merencana yang dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa.

Nah itulah tadi sekilas pengertian dari pembangunan menurut para ahli, agar kamu dapat paham dan mengertia tentang pembangunan di masyarakat. 

Masyarakat dalam hal ini punya peranan dan andil besar setiap proses suatu perubahan dan pembangunan di kehidupannya.

Sosiologi sendiri sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari berbagai hal di dalam kehidupan masyarakat, juga punya andil dalam hal kajian sosial kemasyarakatannya.

Karena dapat memberikan peran serta andil terhadap memberikan masukan tentang suatu rencana strategis mengenai rencana dan proses dari pembangunan di masyarakat.

Analisa dan kajian mengenai dampak maupun pengaruh dari suatu pembangunan di masyarakat memang perlu dilakukan oleh seorang sosiolog.

Tujuannya adalah guna untuk memberikan pandangan melalui perspektif keilmuan sosiologi. Karena setiap tindakan dan perilaku manusia tak bisa dilepaskan dari proses sosial dan komunikasi.

Oleh karena itu, dalam setiap proses keberlangsungan suatu pembangunan di dalam masyarakat akan sangat menarik untuk dilakukan penelitian.

Apalagi di dalam sosiologi juga dapat meneliti suatu pembangunan di dalam masih ada masyarakat yang terlibat disana.

Pembangunan terus dilakukan oleh setiap manusia dalam setiap hal, misalnya dalam sektor pendidikan, akses industri, pembangunan jalan, jembatan, rumah, dan lainnya.

Semuanya akan terus berlangsung karena hal itulah yang dibutuhkan dalam menunjang keberlangsungan kehidupan manusia di bumi. 

Tak akan mungkin tidak ada suatu pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat. Apalagi disaat sekarang ditengah maraknya perubahan suatu zaman, ke era baru yang cenderung modern.

Mesti membuat manusia melakukan suatu perubahan dalam pembangunan di lingkungan sekitar mereka, guna menunjang setiap aktivitasnya.

Nah buat kamu mahasiswa sosiologi yang tertarik untuk melakukan penelitian dalam membahas pembangunan di kehidupan masyarakat.

Bisa melihat beberapa contoh judul skripsi sosiologi pembangunan yang ada dan pernah dilakukan kajian mengenai hal tersebut.

Dimana bisa kamu jadikan sebagai bahan rujukan atau penelitian relevan sesuai dengan tema atau topik yang akan kamu teliti. 

Mari simak beberapa contoh judul skripsi sosiologi tentang pembangunan di masyarakat yang ada dan sering kita jumpai di kehidupan sosialnya.

Ada 10 Judul Skripsi Sosiologi Pembangunan, Contohnya

Berikut dibawah ini beberapa contoh dari judul skripsi sosiologi tentang pembangunan yang ada di dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya, yaitu : 

1. Judul Skripsi : Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan di Desa Pasir Jaya Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu

Penulis : Mahendra Kurniawan

Referensi : Jurnal Online Mahasiswa (JOM) FISIP Universitas Riau (UNRI) Vol 8 : Edisi I Januari - Juni 2021

2. Judul Skripsi : Modal Sosial Dalam Menunjang Pembangunan di Desa Bono Tapung

Penulis : Tolhas M Simamora

Referensi : Jurnal Online Mahasiswa (JOM) FISIP Universitas Riau (UNRI) Vol 8 : Edisi II Juli-Desember 2021

3. Judul Skripsi : Persepsi Masyarakat terhadap Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Padang (Seksi Pekanbaru-Bangkinang) di Desa Bukit Kratai

Penulis : Wendi Silitonga

Referensi : Jurnal Online Mahasiswa (JOM) FISIP Universitas Riau (UNRI) Vol 8 : Edisi I Januari - Juni 2021

4. Judul Skripsi : Tingkat Penerimaan Masyarakat Terhadap Pembangunan Jalan Dua Lajur di Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu

Penulis : Sintya Claudia

Referensi : Jurnal Online Mahasiswa (JOM) FISIP Universitas Riau (UNRI) Vol 6 : Edisi II Juli-Desember 2019

5. Judul Skripsi : Program Bantuan Perumahan Layak Huni Bagi Masyarakat Daerah Aliran Sungai di Desa Kuala Terusan Kabupaten Pelalawan (Suatu Analisis Pendekatan Pembangunan)

Penulis : Satria Rahmaddan

Referensi : Jurnal Online Mahasiswa (JOM) FISIP Universitas Riau (UNRI) Vol 5 : Edisi II Juli-Desember 2018

Demikianlah pembahasan mengenai topik materi Ada 10 Judul Skripsi Sosiologi Pembangunan, Contohnya.

Sumber Rujukan Sosiologi.info : 

https://jom.unri.ac.id/

http://repository.uin-suska.ac.id/4112/3/BAB%20II.pdf

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !