-->

Mengapa Persatuan dan Kesatuan Bangsa Sangat Penting Bagi Keutuhan Sebuah Negara ?

Mengapa Persatuan dan Kesatuan Bangsa Sangat Penting Bagi Keutuhan Sebuah Negara ?
Mengapa Persatuan dan Kesatuan Bangsa Sangat Penting Bagi Keutuhan Sebuah Negara ?

Sosiologi Info - Mengapa Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia Sangat Penting Bagi Keutuhan Sebuah Negara ? Sebutkan dan Jelaskan Alasan Jawabannya.

Mari simak pembahasan dan penjelasan serta ulasan singkatnya mengenai topik materi yang ditanyakan oleh sebagian orang, yuk baca.

Sekilas Mengenal Kemajemukan Bangsa Indonesia

Indonesia sudah sejak dulu terkenal dengan kemajemukan suku, etnis, budaya, adat istiadat, golongan, serta agama yang berbeda-beda.

Inilah yang membuat identitas negara Indonesia paling unik, dan punya ciri khas masing masing. Begitu juga dalam keunikannya itu mengandung makna, arti tertentu.

Misalnya dalam hal tradisi, kebudayaan yang setiap daerah warganya punya perbedaan untuk melakukan tradisi atau upacara tersebut.

Disinilah bagian dari masyarakat multikultural yang ada di Indonesia. Oleh karena itu menjadi penting untuk terus memelihara persatuan dan kesatuan.

Meskipun diatas perbedaan yang ada di dalam kehidupan masyarakat Indonesia itu ada. Dan memang tidak bisa dipisahkan dalam kesehariannya. 

Kalau teman teman ingat mengenai pembahasan pilar pilar kebangsaan, yang mana itu juga menjadi bagian dari pondasi dasar dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Emang apa saja empat pilar kebangsaan itu ? Mari simak pembahasan singkatnya dibawah ini agar mendapatkan pemahaman tentang topik diatas.

Sekilas Memahami Empat Pilar Kebangsaaan  

Pernahkah sobat membaca atau mendengar istilah empat pilar kebangsaan ? Nah kalau belum empat pilar kebangsaan itu terdiri atas :

1. Pancasila

Kita sebagai masyarakat sama sama menyadari akan keberadaan setiap orang walaupun ia berbeda dengan kita, baik berbeda dalam hal agama, etnis, suku, dan lainnya.

Menjalankan ajaran dan pedoman dari falsafah atau pandangan hidup bangsa mengenai Pancasila menjadi dasar yang kokoh.

Sebagai pedoman setiap orang dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Misalnya mulai dari pengamalan pada setiap lima sila dari Pancasila, yaitu :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan

5. Keadilan sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Nah itulah kelima sila dalam Pancasila yang menjadi pedoman bagi setiap orang atau masyarakat Indonesia dalam bertindak di lingkungannya.

2. UUD 1945

Nah di dalam Undang Undang Dasar (UUD) tahun 1945 yang ada itu dimana berisi tentang berbagai aturan dasar yang berisikan beberapa pasal pasal.

Yang mana itulah dijadikan sebagai pedoman hukum yang berlaku di Indonesia.

3. Negara Kesatuan Republik Indonesia

Apa sebenarnya arti dari Negara Kesatuan Republik Indonesia ? 

Nah disinilah artinya sebagai negara merdeka dengan aneka corak keragaman, mulai dari suku, budaya, adat istiadat, kebudayaan, bahasa, identitas golongan, etnis, dan perbedaan lainnya.

Yang mana itulah bagian dari warna dari keberagaman bangsa Indonesia. Disinilah NKRI itu kesatuan wilayah yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke.

4. Bhinneka Tunggal Ika 

Semboyan yang sudah dikenalkan kepada seluruh masyarakat Indonesia ini mempunyai arti bahwa berbeda beda tetapi tetap satu jua. 

Yang mempunyai makna yaitu meskipun terdiri atas bermacam macam ragam ras, suku, agama, budaya, adat, di masyarakat.

Untuk dapat selalu saling terjalin kebersamaan, persatuan, kerukunan antar umat manusia atau antar warga yang berbeda beda tersebut.

Keempat inilah yang sudah menjadi dasar bagaimana setiap masyarakat dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, akan memperkuat proses dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan serta keutuhan bangsa dan negara Indonesia dari pengaruh bangsa luar lainnya. 

Lantas mengapa setiap masyarakat harus dapat menjaga persatuan dan kesatuan yang mana dibutuhkan oleh negara. 

Pertanyaan inilah yang sering ditanyakan, Mengapa Persatuan dan Kesatuan Bangsa Sangat Penting Bagi Keutuhan Sebuah Negara ? Alasan dan jawabannya yaitu :

1. Kunci Utama dan Dasar Berdirinya Suatu Negara Indonesia 

Persatuan dan kesatuan suatu bangsa seperti Indonesia adalah merupakan suatu kunci pokok dasar dari sebuah negara, sebagai pondasi untuk dapat berdiri kokoh.

Serta sebagai perekat kebersamaan antara setiap suku, etnis, golongan yang berbeda beda di dalam kehidupan masyarakat itu sendiri.

Dengan demikian, alasan pertama ini untuk menjawab pertanyaan Mengapa Persatuan dan Kesatuan Bangsa Sangat Penting Bagi Keutuhan Sebuah Negara.

2. Kerukunan Antar Umat Tidak Bisa Tercapai

Tanpa adanya persatuan dan kesatuan antar manusia atau antar suku, etnis yang berbeda, maka mustahil untuk terjadinya kerukunan di dalam kehidupan masyarakat. 

Dengan kata lain, kerukunan tak akan bisa terwujud dan tercipta. Kalau semua elemen masyarakat tidak melakukan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sosialnya. 

Justru malah, jika persatuan dan kesatuan tidak ada, malah akan menimbulkan suatu konflik dan pertentangan.

Karena adanya perbedaan yang mencolok pada setiap antar agama, suku, etnis, ras, golongan, dan perbedaan lainnya. 

Dengan demikian suatu negara khususnya di Indonesia akan mengalami dan menyebabkan adanya disintegrasi sosial atau perpecahan, konflik dan perselisihan antar masyarakatnya.

Indonesia sebagai negara dengan keberagaman yang berbeda-beda dan sangat beranekaragam. 

Mengharuskan untuk selalu menjaga kebersamaan, persatuan dan kesatuan antar sesama, meskipun memang sudah berbeda-beda. 

Oleh karena itu, kesimbangan dalam menjaga persatuan dan kesatuan sangat dibutuhkan dalam setiap aktivitas masyarakatnya. 

Karena kalau tidak, maka hal hal buruk dapat memecah belah bangsa dan masyarakat karena berbagai konflik yang terjadi. 

Untuk itulah dengan solid dalam persatuan dan kesatuan, maka mencegah untuk tidak terjadinya konflik horizontal.

Maupun vertikal dapat dilakukan, sebagai langkah pencegahan terjadinya perpecahan antar masyarakat.

Nah demikianlah pembahasan dan penjelasan tentang Mengapa Persatuan dan Kesatuan Bangsa Sangat Penting Bagi Keutuhan Sebuah Negara, terkhsusunya bagi negara Indonesia.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !