-->

Sebutkan Tokoh Tokoh yang Terdapat dalam Cerita Berjudul Caadara

Sebutkan Tokoh Tokoh yang Terdapat dalam Cerita Berjudul Caadara. Kunci jawaban untuk kelas IV SD MI halaman 109.
Sebutkan Tokoh Tokoh yang Terdapat dalam Cerita Berjudul Caadara

Sosiologi Info - Sebutkan Tokoh Tokoh yang Terdapat dalam Cerita Berjudul Caadara di depan. Kunci jawaban untuk kelas IV SD MI halaman 109.

Materi pembelajaran di buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema 8 daerah tempat tinggalku, subtema 2 keunikan daerah tempat tinggalku, edisi revisi 2017.

Berikut ini kisah cerita dari judul cerita tentang Caadara. Mari adik adik kita baca dulu cerita tersebut ya dengan seksama. 

Cerita Rakyat Papua

Setiap daerah pasti akan mempunyai berbagai cerita sejarah yang menarik. 

Nah adik adik salah satu cerita rakyat Papua  yang mana menggambarkan semangat perlawanan membela kebaikan. 

Lalu, bagaimana ceritanya ? Adik adik mari kita baca ceritanya dibawah bersama sama ya, agar mengenal dan paham terhadap cerita tersebut.

Ayo Membaca !

Caadara

Panglima Wire adalah merupakan panglima perang yang berasal dari Desa Kramuderu. Panglima itu gagah dan berani. 

Panglima Wire memiliki seorang putra bernama Caadara. Caadara kecil mempunyai bakat dalam ilmu bela diri dan ketangkasan. 

Panglima Wire melatih Caadara dengan harapan agar Caadara dapat menggantikan posisi Panglima Wire nantinya.  

Caadara tumbuh menjadi pemuda yang tangkas dalam ilmu bela diri dan berburu. Panglima Wire ingin menguji kemampuan dari anaknya tersebut. 

Dia merasa sudah saatnya Caadara menjadi panglima perang untuk menggantikan Panglima Wire. Panglima Wire mengutus Caadara untuk pergi berburu selama beberapa hari lamanya. 

Dia meminta Caadara agar dapat membawa pulang binatang hasil buruannya tersebut. 

Dimana itu sebagai tanda bahwa Caadara telah dapat menguasai semua ilmu yang telah diajarkan oleh Panglima Wire. 

Caadara mematuhi perintah dari Panglima Wire. Caadara pun segera berangkat ke hutan bersama dengan beberapa temannya. 

Dalam perjalanan mereka melewati hutan yang lebat dan bukit yang terjal. 

Setelah mereka menempuh perjalana berat, Caadara dan teman temannya itu berhasil memperoleh binatang binatang buruan mereka tersebut. 

Mereka pun melanjutkan perjalanan pulang. Nah disaat dalam perjalanan pulang, Caadara dan teman temannya bertemu dengan anjing pemburu. 

Anjing pemburu itu adalah penanda jika adanya sekelompok orang asing yang bisa mencelakai mereka. 

Caadara pun dan teman temannya segera menyusun rencana, dan mereka pun bersembunyi sambil menyiapkan seluruh senjata yang mereka punya pada saat tersebut. 

Nah tidak lama berselang, terdengar pekikan tanda permusuhan. Dan ternyata benar, pekikan itu berasal dari suku Kuala yang mengajak berperang. 

Kemudian, Caadara memerintahkan agar teman temannya pergi ke bukit yang tinggai dan membentuk benteng pertahanan. 

Namun, peperangan tidak terelakkan lagi antara kedua belah pihak tersebut. Caadara dan teman temannya berperang dengan suku Kuala tersebut. 

Pekikan mengerikan di sela suara senjata senjata yang beradu tidak henti hentinya terdengar. Namun, Caadara tidak gentar. 

Ia berhasil mengalahkan pasukan Suku Kuala. Berkat petunjuk dari Caadara teman temannya pun berhasil mengalahkan musuh saat peperangan tersebut terjadi. 

"Kamu hebat Caadara. kamu pantas menjadi panglima perang kami," ucap teman Caadara. 

"Kami akan mengusulkan kepada Panglima Wire untuk dapat mengangkatmu menjadi panglima perang yang baru," timpal teman Caadara yang lainnya.

"Jujur saja aku tidak mengincar jabatan, teman teman. Aku hanya ingin melakukan yang terbaik untuk desa kita," tegas Caadara dengan rendah hati, kepada teman temannya.

Selanjutny, Caadara dan teman temannya melanjutkan perjalanan pulang kembali menuju ke Desa Kramuderu dengan selamat. 

Cerita tentang keberhasilan mereka mengalahkan Suku Kuala segera terdengar oleh Panglima Wire. Panglima Wire sangat bangga kepada Caadara. 

Dia meminta Caadara untuk menyusun siasat perang untuk berjaga jaga jika nanti suatu saat ada suku Kuala yang kembali menyerang mereka. 

Caadara segara menyusun siasat perang tersebut yang diperintahkan oleh Panglima Wire. 

Siasat perang dari Caadara Ura itu meliputi  cara melempar senjata, menyerbu lawan, mempertahankan diri dan seni bela diri jarak dekat. 

Caadara pun menggantikan Ayahnya sebagai Panglima Perang Desa Kramuderu tersebut.

Nah itulah kisah dan cerita yang berjudul Caadara yang merupaka cerita dari rakyat Papua tersebut. Adik adik sudah paham ya cerita diatas.

Ayo Berlatih !

Jawabanlah pertanyaan dibawah ini ya adik adik dengan perpedoman pada cerita diatas berjudul Caadara, berikut soalnya. 

Sebutkan Tokoh Tokoh yang Terdapat dalam Cerita Berjudul Caadara 

Berikut ini adalah tokoh tokoh yang ada terdapat di dalam cerita berjudul Caadara diatas, yaitu :

1. Panglima Wire

Panglima Wire adalah merupakan panglima perang yang berasal dari Desa Kramuderu. Panglima itu gagah dan berani. 

2. Caadara 

Caadara merupakan anak atau Putra dari Panglima Wire

3. Teman Teman Caadara

Saat ditugaskan untuk berburu dihutan Caadara mengajak teman temannya untuk ikut berburu di hutan.

Teman teman Caadara juga ikut terlibat dalam peperangan melawan Suku Kuala yang akhirnya dimenangkan oleh Caadara dan teman temannya tersebut.

4. Suku Kuala

Caadara dan teman temannya terlibat peperangan dengan Suku Kuala saat berburu dan sedang menuju pulang kembali ke rumahnya.

Namun, peperangan keduanya tidak dapat terhindarkan. Pada akhirnya Caadara dan teman teman Caadara memenangkan peperangan sengit tersebut. 

Itulah adik adik jawaban dari pertanyaan diatas tentang Sebutkan Tokoh Tokoh yang Terdapat dalam Cerita Berjudul Caadara.

Perlu diingat bahwa jawaban diatas hanya sebagai bahan pembelajaran saja, tidak menjadi jawaban yang mutlak.

Sebab adik adik masih dapat mengeksplore jawaban dari pertanyaan diatas tersebut. Bagi orang tua bahan belajar ini dapat dipergunakan sebagai rujukan.

Dalam mengajarkan dan memberikan pemahaman serta menceritakan cerita Caadara kepada anak anaknya di rumah.

Diharapkan orang tua dapat mendampingi siswa atau anaknya di rumah dalam belajar dan mengerjakan berbagai soal soal pembelajaran dengan teliti.

Demikianlah jawaban dari pertanyaan diatas tentang Sebutkan Tokoh Tokoh yang Terdapat dalam Cerita Berjudul Caadara. Kunci jawaban kelas IV SD MI halaman 109.

Sumber Bacaan Sosiologi Info : 

Buku Siswa untuk Kelas IV SD MI, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Penulis : Ari Subekti

Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), diakses pada Kamis, 24 Maret 2022

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !