Definisi Hak Asasi Manusia, Kewajiban Asasi Manusia dari Beberapa Pendapat Pakar, Ahli

Sosiologi Info - Carilah definisi hak dan kewajiban asasi dari beberapa pendapat pakar. Kalian dapat menemukannya dari buku sumber lain atau media online. 

Inilah kunci jawaban alternatif halaman 7 kelas 11 SMA buku pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, PPKn, PKN.

Seperti dikutip dari buku kelas 11 SMA, MA, SMK, MAK edisi revisi 2017 kurikulum 2013 terbitan dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI.

Berikut ini pembahasan singkat tentang Definisi Hak Asasi Manusia, dan Definisi Kewajiban Asasi Manusia. Sebutkan menurut pakar atau para ahli. Yuk baca.

Sekilas Memaknai Hak Asasi Manusia (HAM)

Menurut Jan Materson, yang sebagai anggota Komisi HAM PBB mengartikan HAM sebagai hak hak yang melekat dalam diri manusia.

Dan tanpa hak itu manusia tidak dapat hidup sebagai manusia. Nah dari pengertian tersebut. Hakikat HAM memiliki atau terkandung dua makna yaitu :

1. HAM merupakan hak alamiah yang mana melekat dalam diri setiap manusia sejak ia dilahirkan. 

Hak alamiah adalah hak yang sesuai dengan kodrat manusia sebagai insan merdeka yang berakal budi dan berperikemanusiaan. 

Tidak ada seseorang pun yang diperkenankan merampas hak tersebut dari tangan pemiliknya. HAM bersifat mutlak tanpa pembatasan.

Karena batas HAM seseorang adalah HAM yang melekat pada orang lain, bila HAM dicabut dari tangan pemiliknya, maka manusia akan kehilangan eksistensinya sebagai manusia.

2. HAM merupakan instrumen atau alat untuk menjaga harkat dan martabat manusia sesuai dengan kodrat kemanusiaannya yang luhur. 

Tanpa HAM manusia tidak akan dapat hidup sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaannya sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna.

Setelah memahami pembahasan diatas tentang HAM mari sama sama jawab soal pertanyaan tugas mandiri 1.1 halaman 7 kelas 11 SMA PPKN berikut ini.

Tugas Mandiri 1.1 

Carilah definisi hak dan kewajiban asasi dari beberapa pendapat pakar. Kalian dapat menemukannya dari buku sumber lain atau media online. 

Definisi Hak Asasi Manusia, Kewajiban Asasi Manusia dari Beberapa Pendapat Pakar, Ahli

Tulislah hasil temuan kalian dalam tabel dibawah ini ya.

No Nama Pakar, Ahli | Definisi Hak Asasi Manusia | Definisi Kewajiban Asasi Manusia

1. Prof Koentjoro Poerbopranoto

Definisi hak asasi manusia adalah hak asasi adalah merupakan suatu hak yang mana sifatnya mendasar atau asasi.

Definisi kewajiban asasi manusia adalah merupakan suatu hal yang sifatnya asasi atau mendasar. 

Yang mana dimiliki oleh setiap manusia berdasarkan kodratnya, yang mana pada dasarnya juga tidak akan bisa dipisahkan sehingga bersifat suci.

2. John Locke

Definisi hak asasi manusia adalah hak asasi adalah hak hak yang langsung diberikan Tuhan kepada manusia sebagai hak yang kodrati.

Definisi kewajiban asasi manusia adalah kewajiban yang bersifat kodrati karena berasal dari Tuhan dan serta memiliki sifat yang mutlak.

3. Mariam Budiarjo

Definisi hak asasi manusia adalah hak asasi yang merupakan adalah hak yang dimiliki setiap orang yang dibawah sejak lahir ke dunia. 

Dan menurutnya hak itu sifatnya universal karena dimiliki tanpa adanya perbedaan ras, kelamin, suku, budaya, agama dan lainnya. 

Definisi kewajiban asasi manusia adalah hak yang dimiliki seseorang yang dibawa sejak lahir ke dunia tanpa adanya perbedaan ras, suku, agama, kelamin, dan lainnya.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan tentang topik materi pembalajaran PPKn untuk kelas 11 SMA sederajat.

Demikian ulasan singkat tentang Carilah definisi hak dan kewajiban asasi dari beberapa pendapat pakar. Kalian dapat menemukannya dari buku sumber lain atau media online. 

Inilah kunci jawaban alternatif halaman 7 kelas 11 SMA buku pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, PPKn, PKN.

Seperti dikutip dari buku kelas 11 SMA, MA, SMK, MAK edisi revisi 2017 kurikulum 2013 terbitan dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI.

Berikut ini pembahasan singkat tentang Definisi Hak Asasi Manusia, dan Definisi Kewajiban Asasi Manusia. Sebutkan menurut pakar atau para ahli.