-->

Identifikasilah Bentuk Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Tempat Tinggalmu

Identifikasilah Bentuk Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Tempat Tinggalmu

Identifikasilah Bentuk Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Tempat Tinggalmu

Sosiologi Info - Berikut ulasan tentang Identifikasilah Bentuk Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Tempat Tinggalmu.

Inilah Kunci Jawaban PKN Kelas 9 SMP Halaman 125 Tugas Mandiri 5.2 Kondisi Ekonomi Daerah Tempat Tinggal, yuk baca.

Sebagaimana dikutip dari Buku Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, untuk pelajar kelas IX SMP/MTs, edisi revisi 2018. 

Dengan penulis oleh Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra. Buku pembelajaran ini diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI, cetakan ke 2 tahun 2018. 

Adik adik dalam materi pembelajaran soal tersebut di bagian BAB 5 Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia. 

Ada beberapa pembahasan materi di dalam BAB 5 ini yaitu mulai dari bagian A. Makna Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya, Ekonomi, dan Gender dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Selanjutnya, bagian B. Permasalahan dan Akibat yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.

Kemudian, bagian C. Upaya Penyelesaian Masalah dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia, bagian Refleksi.

Selanjutnya bagian Rangkuman, Penilaian Sikap, Proyek Kewarganegaraan, dan Uji Kompetensi BAB 5. Itulah beberapa pembahasan di bab 5 ini. 

Keberagaman masyarakat Indonesia memang sudah sepautnya disyukuri, karena atas takdir Tuhan.

Atas kondisi wilayah Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai macam ragamnya, suku, budaya, etnis, ras, dan keberagaman lainnya. 

Apalagi letak Indonesia yang sangat strategis di jalur lintas perdagangan internasional antar Benua Asia dan Benua Australia. 

Serta diantara Samudra Pasifik dan Samudra Indonesia. Begitu juga dengan keanekaragaman hayati sumber daya alam yang melimpah baik di daratan dan laut. 

Oleh karena itulah, keberagaman yang ada saat ini di Indonesia harus dapat dilestarikan keberadaannya. 

Pada bab inilah adik adik akan mempelajari tentang keberagaman sosial budaya ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia serta faktor penyebab dan akibat permasalahan. 

Tidak hanya itu ada juga dikaji mengenai bagaimana upaya penyelesaian permasalahan sosial budaya, ekonomi, dan gender pada masyarakat Indonesia. 

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas materi soal yang ada di bagian A. Makna Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya, Ekonomi, dan Gender dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Pembahasan soal yang akan dikerjakan berada di halaman 125 mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 9 SMP/MTs.

Mari langsung saja simak soal pertanyaan dan tugas dari materi pembelajaran di bab ini dengan seksama ya adik adik. 

Identifikasilah Bentuk Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Tempat Tinggalmu

Jawabannya, yaitu : 

Tugas Mandiri 5.2 

Identifikasilah bentuk kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalmu dengan melengkapi tabel di bawah ini !

Kondisi Ekonomi Daerah Tempat Tinggal

No | Bentuk Kegiatan Ekonomi | Deskripsi

1. Pasar tradisional

Suatu bentuk pasar yang mana di dalamnya terjadi proses kegiatan dan proses transaksi. Proses itu dilakukan oleh masyarakat dengan cara tradisional, yaitu penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan proses tawar menawar harga dari suatu barang maupun jasa di pasar tradisional tersebut.

2. Pasar modern

Jenis pasar yang dimana produk barang dan jasa dijual dengan harga pas sehingga tidak terjadi aktivitas tawar menawar harga barang antara penjual dan pembeli.

3. Perbankan

Suatu lembaga keuangan yang mempunyai kewenangan untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk peminjaman modal kerja untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

4. Produksi pertanian

Suatu bentuk kegiatan ekonomi yang mana berdasarkan atas prinsip prinsip pilihan yang telah diterapkan pada modal, tenaga kerja dan manajemen produksi atau industri pertanian.

5. Pengrajin

Bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan membuat suatu kerajinan dan memiliki nilai keindahan tinggi.

6. Produksi peternakan

Bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan cara memelihara hewan dan mengambil hasilnya dengan cara dijual kepada konsumen.

7. Industri 

Bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Nah itulah ulasan dan penjelasan dari materi pembelajaran dan soal pertanyaan tugas yang ada di buku pelajaran PKN kelas 9 SMP/MTs kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Demikian pembahasan tentang Identifikasilah Bentuk Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Tempat Tinggalmu, semoga bermanfaat ya.

Sebagaimana dikutip dari Buku Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, untuk pelajar kelas IX SMP/MTs, edisi revisi 2018. 

Dengan penulis oleh Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra. Buku pembelajaran ini diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI, cetakan ke 2 tahun 2018. 

Disclaimer jawaban alternatif diatas :

1. Jawaban diatas hanya sebagai tambahan bahan referensi belajar saja. Tidak menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.

2. Silahkan adik adik mengeksplorasi jawaban relevan lainnya. Jangan hanya terpaku pada jawaban diatas saja.

3. Disarankan untuk adik adik menambah bacaan yang relevan agar dapat menambah dan membuka cakralawa pemahaman terbaru.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !