-->

Bagaimana Nasib Pedagang Lain yang Sama Sama Ingin Berdagang Komoditas Tersebut ?

Bagaimana Nasib Pedagang Lain yang Sama Sama Ingin Berdagang Komoditas Tersebut ?
Bagaimana Nasib Pedagang Lain yang Sama Sama Ingin Berdagang Komoditas Tersebut ?

Sosiologi Info - Berikut ini pembahasan soal tentang pertanyaan Bagaimana Nasib Pedagang Lain yang Sama Sama Ingin Berdagang Komoditas Tersebut ? Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 205, Aktivitas Kelompok.

Mengutip dari buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) edisi revisi 2017 untuk kelas 8 SMP/MTs, cetakan ke 2. 

Dengan kontributor oleh Mukminan, Endang Mulyani, M Nursa'ban, dan Supardi. Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendibud RI. 

Pada materi pembelajaran buku IPS untuk kelas VIII SMP/MTs ini ada empat bab. Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya membahas dibagian materi semester 2 saja.

Dimana materi pembelajarannya ada di bagian BAB IV Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan. 

Adapun materi pembelajaran dalam bab 4 ini terbagi menjadi tiga bagian. Mulai dari bagian A. Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia.

Selanjutnya, bagian B. Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan, dan bagian C. Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan. 

Kemudian, pada bagian Rangkuman, Uji Kompetensi dan bagian refleksi. Nah dalam pembahasan materi bagian A. Kedatangan Bangsa Bangsa Barat ke Indonesia. 

Terbagi lagi menjadi dua bagian, yaitu pembahasan bagian 1. latar belakang kedatangan bangsa barat, dan bagian 2. kedatangan bangsa bangsa barat ke Indonesia. 

Selanjutnya pada bagian B. Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan. Dibagi menjadi lima bagian, yaitu meliputi bagian 1. pengaruh monopoli dalam perdagangan.

Kemudian, bagian 2. pengaruh kebijakan kerja paksa, bagian 3. pengaruh sistem sewa tanah, bagian 4. pengaruh sistem tanam paksa.

Dan bagian 5. perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme. Kemudian untuk bagian C. Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan. 

Dibagi menjadi empat bagian, yaitu bagian 1. latar belakang munculnya nasionalisme Indonesia, bagian 2. Organisasi pergerakan nasional Indonesia.

Selanjutnya, bagian 3. pergerakan nasional pada masa pendudukan jepang, dan bagian 4. perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan.

Nah itulah beberapa pembahasan materi di bab 4 yang terbagi menjadi beberapa bagian sub materi yang perlu adik adik ketahui. 

Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas soal bagian B. Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan.

Adapun tujuan pembelajaran dalam bab ini yaitu :

1. Menjelaskan latar belakang, proses dan reaksi bangsa Indonesia terhadap kedatangan bangsa bangsa barat ke Indonesia

2. Mendeskripsikan kondisi bangsa Indonesia akibat monopoli dan adu domba penjajah

3. Mendeskripsikan pengaruh kebijakan kerja paksa, sistem sewa tanah,dan sistem tanam paksa pada masa penjajahan

4. Menjelaskan perjuangan rakyat Indonesia di berbagai daerah dalam menentang kolonialisme dan imperialisme barat

5. Menganalisis pergerakan kebangsaan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan

6. Mendeskripsikan perjuangan pergerakan kebangsaan pada masa pendudukan Jepang

7. Menjelaskan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan

8. Menyajikan hasil analisis perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan

Nah itulah beberapa penjelasan tentang pembelajaran dalam bab 4 kali ini untuk kelas 8 SMP mata pelajaran IPS.

Mari simak dibawah ini pembahasan kunci jawaban dari soal aktivitas kelompok yang ada di halaman 205, yuk baca dengan saksama. Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 205, Aktivitas Kelompok

Berikut ini soal dan jawabannya :

Aktivitas Kelompok

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang

2. Perhatikan teks berikut ini.

Cengkih merupakan salah satu hasil utama masyarakat Maluku. Hasil perkebunan tersebut merupakan tanaman ekspor yang sangat dibutuhkan masyarakat Eropa. 

Perusahaan dagang Belanda VOC berusaha menguasai perdagangan tersebut. Rakyat hanya diperbolehkan menjual hasil perkebunan tersebut kepada VOC. 

Para pedagang lain tidak diperbolehkan membeli hasil perkebunan dari rakyat tersebut. VOC telah melakukan penguasaan perdagangan di Maluku atau disebut praktik monopoli. 

3. Berdasarkan teks tersebut, diskusikan

Bagaimana Nasib Pedagang Lain yang Sama Sama Ingin Berdagang Komoditas Tersebut ?

Jawabannya : 

Nasib pedagang lain terpaksa harus membeli komoditas tersebut dengan harga yang sangat mahal karena komoditas tersebut sudah dimonopoli oleh VOC.

Yang artinya yang menentukan harga jual dan beli merupakan pihak VOC itu sendiri dan tidak boleh ada yang menentang, jika ada yang menentang maka akan diberikan hukuman dan diadili.

Nah itulah tadi ulasan tentang soal pertanyaan yang ada di dalam aktivitas kelompok pada halaman 205. Semoga bermanfaat ya.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan tentang pertanyaan Bagaimana Nasib Pedagang Lain yang Sama Sama Ingin Berdagang Komoditas Tersebut ? Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 205, Aktivitas Kelompok.

Mengutip dari buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) edisi revisi 2017 untuk kelas 8 SMP/MTs, cetakan ke 2. 

Dengan kontributor oleh Mukminan, Endang Mulyani, M Nursa'ban, dan Supardi. Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendibud RI. 

#Disclaimer :

1. Kunci jawaban alternatif di atas tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen

2. Silahkan adik adik mencari jawaban relevan lainnya untuk dijadikan bahan referensi

3. Disarankan untuk adik adik mengeksplorasi jawaban lainnya agar mendapatkan pemahaman yang komprehensif lainnya.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !