-->

Cari Tahu Kepanjangan PPKI dan BPUPKI Lalu Tuliskan Pada Kotak Tersebut

Cari Tahu Kepanjangan PPKI dan BPUPKI Lalu Tuliskan Pada Kotak Tersebut
Cari Tahu Kepanjangan PPKI dan BPUPKI Lalu Tuliskan Pada Kotak Tersebut

Sosiologi Info – Berikut soal pembahasan Cari Tahu Kepanjangan PPKI dan BPUPKI Lalu Tuliskan Pada Kotak Tersebut.

Inilah ulasan dan penjelasan tentang Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 112, ayo berlatih, subtema 2 pembelajaran 4. 

Seperti dilansir dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, edisi revisi 2017, cetakan kedua.

Dengan penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa dan Ari Subekti. Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Adik adik dalam materi pembelajaran di tema 7 ini terbagi atas tiga subtema, yaitu subtema 1, 2, dan 3. Pembahasan subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan. 

Selanjutnya pembahasan di subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan. Kemudian bagian subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan.

Itulah beberapa materi pembahasan di dalam Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan untuk siswa/siswi kelas 5 SD MI.

Namun pada kesempatan kali ini adik adik hanya akan memahami materi soal pada subtema 2 pembelajaran 4 saja.

Pembelajaran 4

Setelah peristiwa proklamasi kemerdekaan, ada pekerjaan sangat penting yang harus dikerjakan. Pekerjaan itu adalah pembentukan negara kesatuan Indonesia. 

Banyak peristiwa dalam proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mari langsung saja simak pembahasan dan penjelasan jawaban alternatif di bawah ini dengan saksama ya adik-adik.

Inilah penjelasan dan ulasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 112, Ayo Berlatih, Subtema 2 Pembelajaran 4.

Cari Tahu Kepanjangan PPKI dan BPUPKI Lalu Tuliskan Pada Kotak Tersebut

Jawaban : 

PPKI merupakan kepanjangan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Panitia ini dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945. Dalam bahasa Jepang PPKI disebut Dokuritsu Junbi Inkai. 

PPKI ini mengadakan rapat pertamanya setelah kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 18 Agustus 1945. 

Rapat PPKI menghasilkan 3 keputusan yaitu soekarno resmi menjadi presiden dan mohammad hatta sebagai wakil presiden, mengesahkan Undang – undang dasar 1945, dan membentuk komite nasional. 

Sedangkan untuk sidang keduanya pada tanggal 19 Agustus 1945 yang menghasilkan dibentuknya 12 departemen yang membantu pemerintah dalam menjalankan wewenangnya, selain adanya departemen juga ada menteri yang membantu. 

Pada tanggal 22 Agustus 1945, juga terjadi sidang ketiga PPKI yaitu membahas tentang dibentuknya Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

Lalu dibentuk juga Partai Nasional Indonesia (PNI) dan juga dibentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR). 

Adapun tugas dari PPKI adalah menindaklanjuti kinerja BPUPKI dan menyiapkan semua pemindahan kekuasaan dari negara Jepang kepada Indonesia. 

Ternyata PPKI diketuai oleh Soekarno dan wakilnya adalah Mohammad Hatta. PPKI lahir, karena BPUPKI bubar. 

BPUPKI sendiri adalah singkatan dari Badan Penyelidik Usaha – usaha persiapan kemerdekaan. BPUPKI diketuai oleh Radjiman Wedyodiningrat. 

Sedangkan wakil BPUPKI dari pihak Jepang adalah Ichibangase, dan dari pihak Indonesia adalah Raden Pandji Soeroso. 

BPUPKI dalam bahasa jepang bernama Dokuritsu Junbi Cosakai. Dokuritsu Junbi Cosakai dibentuk pada tanggal 29 April 1945. 

Sebenarnya BPUPKI didirikan hanya sebuah taktik dari Jepang, agar mendapatkan dukungan rakyat Indonesia jika Jepang benar-benar memberikan kemerdekaan kepada rakyat Indonesia.  

BPUPKI terdiri dari 60 anggota. BPUPKI mengadakan 2 kali sidang yaitu sidang yang pertama pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 yang membahas tentang dasar negara Indonesia. 

Dasar negara Indonesia adalah pancasila, nah pancasila dirumuskan selama tanggal 29 mei – 1 juni. 1 juni merupakan hari lahirnya pancasila. 

Tidak semudah yang dibayangkan untuk melahirkan pancasila, butuh perdebatan dan musyawarah yang cukup dari berbagai pihak. 

Ada 3 tokoh yang mengusulkan tentang isi pancasila, diantaranya Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno. 

Masing-masing tokoh mengusulkan isi pancasila yang berbeda-beda. 1 hari terdapat 1 perwakilan tokoh yang menyampaikan pendapat. 

Hingga pada akhirnya semua tokoh-tokoh negara berkumpul dan bermusyawarah. Hingga akhirnya jadilah dasar negara Indonesia yaitu pancasila. Pancasila artinya lima dasar. 

Sedangkan untuk sidang yang kedua pada tanggal 10 – 17 Juli 1945. Pada sidang kedua ini membahas tentang rancangan undang-undang dasar, rancangan bentuk negara, dan kewarganegaraan. 

Tak hanya itu, ternyata sidang BPUPKI yang kedua juga membahas susunan pemerintahan negara Indonesia. 

Demikianlah pembahasan Cari Tahu Kepanjangan PPKI dan BPUPKI Lalu Tuliskan Pada Kotak Tersebut, semgoa dapat membantu ya.

Itulah Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 112, ayo berlatih, subtema 2 pembelajaran 4, semoga bermanfaat ya adik-adik 

Seperti dilansir dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, edisi revisi 2017, cetakan kedua.

Dengan penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa dan Ari Subekti. Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

#Disclaimer jawaban di atas: 

1. Kunci jawaban alternatif di atas tersebut tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen. 

2. Silahkan adik-adik menambah bacaan dan referensi yang relevan terkait dengan soal pertanyaan tersebut. 

3. Disarankan adik-adik agar dapat mencari jawaban yang relevan lainnya, agar bisa menambah wawasan dan paham akan materi pembelajaran. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !