-->

Apakah Perilaku Tersebut Telah Melanggar Norma ? Jelaskan !

Apakah Perilaku Tersebut Telah Melanggar Norma ? Jelaskan !

Inilah pembahasan soal Apakah Perilaku Tersebut Telah Melanggar Norma ? Jelaskan !

Lebih lanjut simak ulasan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 62 Evaluasi, Esai Kurikulum Merdeka.

Kemudian selanjutnya adik-adik akan membaca penjelasan materi ajar yang ada di dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS kelas VIII ini.

Sosiologi Info – Lebih lanjut melansir dari buku pdf online mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas VIII, dengan penulis oleh Supardi, Mohammad Rizky Satria, Sari Oktafiana, dan M Nursa’ban.

Selanjutnya buku ini di terbitkan oleh Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dengan cetakan pertama 2021.

Adik-adik sebelum memahami jawaban alternatif yang di sajikan, ada baiknya untuk memahami materi aja yang ada dalam buku IPS kelas 8 SMP sederajat tersebut di bawah ini.

Materi Ajar

Proses belajar bagi peserta didik menjadi poin penting dalam memahami dan menjawab soal soal pertanyaan di buku pembelajaran tersebut.

Salah satu di antaranya adalah materi ajar. Buku IPS kelas 8 SMP ini terbagi menjadi empat tema pembelajaran dengan topik yang berbeda-beda.

Pembahasan pada tema 01 kondisi geografis dan pelestarian sumber daya alam. Selanjutnya, tema 02 kemajemukan masyarakat Indonesia.

Kemudian untuk tema 03 nasionalisme dan jati diri bangsa. Dan terakhir tema 04 pembangunan perekonomian Indonesia.

Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas materi ajar di tema 01, dengan beberapa sub bagian pembahasan.

Seperti bagian A. Keragaman Alam Indonesia, bagian B. pemanfaatan sumber daya alam, bagian c. sumber daya manusia.

Kemudian, bagian D. peran lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam dan manusia. Selanjutnya bagian E. Kondisi geografi dan interaksi dengan bangsa asing.

Serta bagian kesimpulan visual dan evaluasi. Lebih lanjut apa saja yang akan di bahas dalam materi di tema 01 ini adik adik pahami penjelasan berikut.

Tema 01

Adik-adik pelajar pada tema ini akan belajar untuk menemukan kondisi geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat.

Selanjutnya, pada bagian awal adik adik akan menganalisis keterkaitan kondisi geografis dan perubahan iklim dan cuaca di Indonesia.

Kemudian adik adik akan menemukan pengaruh proses geografis terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia. Proses geografi ini memiliki pengaruh terhadap keragaman sumber daya alam.

Oleh karena itu adik adik akan menganalisis bagaimana upaya menguatkan sumber daya manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam Indonesia.

Selanjutnya kalian akan mempelajari hubungan keragaman alam dan sosial bangsa Indonesia dengan kedatangan bangsa-bangsa asing pada masa awal abad masehi hingga perkembangan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Tujuan dan Indikator Capaian Pembelajaran

Kemudian bagi adik-adik peserta didik setelah mengikuti pembelajaran di buku ini, di harapkan mampu untuk yaitu :

  1. Mendeskripsikan keragaman alam Indonesia
  2. Menganalisis pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia
  3. Merancang upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia
  4. Menganalisis peran lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia
  5. Menghubungkan kondisi geografis dengan kegiatan ekonomi dan kedatangan Hindu-Buddha di Indonesia.

Akhirnya itulah beberapa materi yang akan adik-adik pelajari sesuai dengan tema pada setiap soal pertanyaannya.

Bagaimana Pendapat Kalian Tentang Teman yang Berbuat Curang Ketika Ujian Sekolah dan Apa yang Akan Kalian Lakukan ?

Apakah Perilaku Tersebut Telah Melanggar Norma ? Jelaskan !

Jawabannya :

Perilaku yang di lakukan dengan berbuat curang saat melaksanakan ujian sekolah adalah contoh perilaku yang melanggar norma dan aturan.

Lebih lanjut, ketika ujian sekolah yang seharusnya di kerjakan dengan jujur, sesuai dengan norma kejujuran yang berlaku. Namun pada saat ujian berlangsung malah curang dan tidak jujur.

Akhirnya, itulah pembahasan tentang soal Bagaimana Pendapat Kalian Tentang Teman yang Berbuat Curang Ketika Ujian Sekolah dan Apa yang Akan Kalian Lakukan ? Apakah Perilaku Tersebut Telah Melanggar Norma ? Jelaskan !

Lebih lanjut adik adik dapat membaca di buku pdf online mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas VIII, dengan penulis oleh Supardi, Mohammad Rizky Satria, Sari Oktafiana, dan M Nursa’ban.

Selanjutnya buku ini di terbitkan oleh Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dengan cetakan pertama 2021.

#Disclaimer

Jawaban di atas tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen. Oleh karena itu, adik adik di sarankan untuk menambah bacaan relevan lainnya.

Dengan demikian pemahaman terhadap materi soal di atas akan lebih komprehensif lagi. Selanjutnya, adik-adik dapat menjawab soal pertanyaan di atas dengan kemampuan sendiri.

Setelah menjawab baru adik-adik menyandingkan jawaban di atas dengan jawaban adik-adik. Dengan demikian adik-adik akan mendapatkan pemahaman baru.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !