-->

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 60

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 60
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 60

Tentunya kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 60 Pertanyaan Identifikasi untuk bahan referensi adik-adik.

Sosiologi.info – Selanjutnya mengutip dari Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX edisi revisi 2018 kurikulum 2013 dalam bentuk pdfnya.

Kemudian dengan penulis oleh Agus Trianto, Titik Harsiati, dan E Kosasih. Lebih lanjut buku ini di terbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud cetakan ke 2.

Lalu apa saja materi belajar dan soal soal pertanyaan yang akan di jawab oleh peserta didik pada buku ajar tersebut ?

Selanjutnya silahkan adik-adik membaca penjelasan dan pembahasan informasi dari pertanyaan di atas tersebut dengan saksama ya.

Materi Pembelajaran

Adik adik perlu ketahui bahwa materi ajar dalam buku ini tersusun atas enam bab pembahasan untuk pembelajaran semester 1 dan 2.

Lebih lanjut untuk pembahasan materi semester 1 hanya terbagi atas tiga bab saja, mulai dari BAB 1 Melaporkan Hasil Percobaan.

Kemudian di bab ini terbagi atas lima sub bagian pembahasan, yaitu bagian A. Mengidentifikasi Informasi Laporan Percobaan, B. Menyimpulkan Informasi Laporan Percobaan.

Selanjutnya bagian C. Menelaah Laporan Percobaan, D. Menyajikan Laporan Percobaan, dan E. Kegiatan Literasi.

Lebih lanjut untuk pada bagian BAB II Menyampaikan Pidato Persuasif yang terbagi atas 5 sub pembahasan, yaitu A. Mengidentifikasi Informasi tenang Pidato Persuasif.

Kemudian bagian B. Menyimpulkan Hasil Identifikasi Pidato Persuasif, C. Menelaah Pidato Persuasif, D. Menuangkan Gagasan, Pikiran, Arahan, atau Pesan dalam Pidato Persuasif, dan E. Kegiatan Literasi

Kemudian dalam bagian BAB III Menyusun Cerita Pendek terbagi atas lima sub bagian pembahasan, yaitu A. Mengidentifikasi Cerita Pendek, B. Menyimpulkan Unsur-Unsur Cerita Pendek.

Selanjutnya bagian C. Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan Cerita Pendek, D. Mengungkapkan Pengalaman dan Gagasan dalam Bentuk Cerita Pendek, dan E. Kegiatan Literasi

Jadi itulah adik adik materi ajar di dalam buku Bahasa Indonesia kelas 9 untuk semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2018 cetakan ke 2.

Pembelajaran BAB 3 Menyusun Cerita Pendek

Selanjutnya dalam materi ajar yang diberikan kepada adik adik di BAB III ini. Jadi mempunyai tujuan pembelajaran, yaitu seperti mengenal tujuan dan fungsi teks narasi, mengetahui struktur cerpen.

Kemudian mengidentifikasi ciri ciri kebahasaan cerpen, menganalisis struktur cerpen, dan menganalisis ciri kebahasaan cerpen.

Selain itu, ada juga untuk menyajikan dan pembahasan hasil telaah model, memahami penggunaan deskripsi, kata ekspresif, majas pembaca/pendengar dalam cerpen.

Selanjutnya menyusun ragangan teks narasi cerpen dan menyusun cerpen. Jadi itulah beberapa tujuan pembelajaran di BAB 3 tersebut.

Kemudian setelah adik adik memahami beberapa materi ajar di setiap bab, dan tujuan dari pembelajaran di setiap materinya.

Maka berikut ini soal pertanyaan dan jawaban yang dapat adik adik baca sebagai bahan referensi dalam proses belajar tersebut.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 60 Pertanyaan Identifikasi

Lebih lanjut berikut ini sola dan jawabannya, yaitu :

Pertanyaan Identifikasi

1. Apakah judul cerpen menarik orang untuk membacanya ?

Jawabannya :

Tentunya judul cerpen itu menarik ya karena ada unsur misteriusnya.

2. Apakah judul cerpen mencerminkan isi cerpen ?

Jawabannya :

Tidak. Karena isi cerpen mengenai kisah hidup dari tokoh utama Lereng Gunung Beser.

3. Pada akhirnya, apakah yang di maksud dengan “keramat” yang ingin disampaikan dalam cerpen itu ?

Jawabannya :

Selanutnya kata Keramat yang punya arti yaitu pepohonan yang berada di Gunung Beser.

4. Penceritaan cerpen atau sudut pandang (point of view) cerpen ini diceritakan berdasarkan teknik apa ?

Jawabannya :

Kemudian teknik sudut pandang berdasarkan orang pertama. Selanjutnya hal itu di tandai dengan kata ganti Saya.

5. Ceritakan kembali siapa tokoh tokoh dalam cerpen Pohon Keramat

Jawabannya :

Saya – Tokoh utama

Kakek – Tokoh utama

Kang Hasim – Guru ngaji tokoh saya

Mbah Jayasakti – Nenek moyang yang ada di Gunung Beser

Akhirnya itulah pembahasan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 60 Pertanyaan Identifikasi.

Selanjutnya adik adik dapat menggunakan jawaban di atas sebagai bahan bacaan. Namun, tidak menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.

Oleh karena itu, adik adik disarankan untuk menambah bacaan relevan lainnya untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif.

Selain itu, kami dari tim redaksi mengingatkan agar adik adik tidak memakai jawaban diatas sebagai jawaban mutlak ya.

Lebih lanjut jika ada kesalahan atau jawaban di atas kurang benar, maka kami dari tim redaksi tidak bertanggungjawab, terimakasih.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !