Ini Perkembangan Sosiologi Awal, Adanya Revolusi serta Munculnya Sistem Kapitalisme - Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru Ini Perkembangan Sosiologi Awal, Adanya Revolusi serta Munculnya Sistem Kapitalisme | Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru

$hide=home

$hide=home

[Artikel Terbaru]_$type=grid$m=0$rdm=0$show=home$cat=hide$d=hide$count=5$t=hide$s=0

Ini Perkembangan Sosiologi Awal, Adanya Revolusi serta Munculnya Sistem Kapitalisme

Ini Perkembangan Sosiologi Awal, Adanya Revolusi serta Munculnya Sistem Kapitalisme.

Ini Perkembangan Sosiologi Awal, Adanya Revolusi serta Munculnya Sistem Kapitalisme

Sosiologi Info - Kondisi sosial masyarakat pada abad ke 19 dan awal abad 20 perlu kita lihat sebagai sebuah proses yang signifikan terhadap perkembangan Teori Sosiologi.

Adanya perubahan-perubahan sosial yang terjadi pada saat munculnya revolusi serta kebiasaan-kebiasaan yang beralih dari sistem pertanian menuju sistem industri. 

Revolusi Politik. Pergerakan masyarakat Perancis memberikan contoh kepada dunia bahwa rakyat pemegang kekuasaan sesungguhnya. 

Sejarah panjang perjalanan revolusi politik yang dilakukan pada saat Revolusi Perancis tahun 1789. Revolusi Perancis ini berlangsung sepanjang abad 19. Ini menjadi faktor yang sangat signifikan perannya dalam perkembangan Teori Sosiologi. 

Revolusi Politik yang berlangsung pada saat itu memberikan perubahan-perubahan sosial yang berdampak secara positif kepada masyarakat.

Tetapi, dampak negatif dari adanya revolusi juga tidak bisa kita hindarkan, para ahli dan pemikiran khawatir serta merasa perihatin dengan adanya kekacauan (chaos) yang ditimbulkan pada saat revolusi, terutamanya di Perancis.

Baca Juga : Pengertian Interaksi Sosial dari Para Tokoh, dan Contoh Fenomena Sosialnya

Para pemikir dan ahli mencoba untuk mengembalikan kekacauan menjadi pemulihan yang tertib sosial pada masyarakat. 

Ada malah yang ingin kembali ke abad pertengahan yang penuh dengan kedamaian dan ketertiban masyarakat. 

Dengan demikian, para pemikir pada saat itu mencoba untuk membuat perubahan sosial yang sedang terjadi karena adanya revolusi politik, dengan tetap mencapai perubahan yang damai dan tertib.

Hal ini dilakukan dengan menemukan landasan pada tatanan baru masyarakat yang telah ditumbangkan oleh adanya Revolusi Politik.

Revolusi Politik ini yang terjadi pada abad ke 18 dan 19, perhatian ini melihat bagaimana masalah-masalah sosial ketertiban masyarakat menjadi perhatian utama dalam teoritis Sosiologi Klasik, yaitu terutama oleh Comte, dan Durkheim.

Baca Juga : Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Revolusi Industri, serta Munculnya Kapitalisme. Pada abad ke 19 dan awal abad 20 dimana adanya revolusi politik dan revolusi industri yang muncul di masyarakat Eropa.

Inilah yang menjadi faktor pendorong munculnya Teori-Teori Sosiologi. Revolusi Industri tidaklah kejadian yang terjadi tunggal. 

Tetapi merupakan berbagai perkembangan yang saling berkaitan serta berpuncak pada transformasi masyarakat Barat dari corak sistem pertanian menjadi sistem industri.

Banyak masyarakat yang mulai meninggalkan usaha pertanian dan beralih pekerjaan ke industri, yang mana ditawarkan oleh pabrik-pabrik yang pada saat itu berkembang.

Kemajuan teknologi yang ada membuat pabrik-pabrik yang berkembang terbantu, serta birokrasi ekonomi berskala besar muncul untuk dapat memberikan pelayanan yang dibutuhkan industri dan sistem ekonomi kapitalis.

Baca Juga : Ada Enam Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial dan Contohnya

Disinilah harapan awal sistem ekonomi kapitalis yaitu sebuah pasar yang bebas, dimana tempat memperjualbelikan berbagai produk-produk dari hasil industri. 

Nah, dimana pada sistem ekonomi kapitalis inilah hanya akan ada segelintir orang  yang mendapatkan keuntungan sangat besar.

Sementara, sebagian masyarakat yang bekerja keras dengan tenaga yang ekstra dalam jam kerja yang banyak, hanya menerima upah rendah/kecil.

Kondisi sosial masyarakat pada saat inilah muncul berbagai reaksi menentang adanya sistem industri dan kapitalisme. 

Reaksi pertentangan selanjutnya diikuti oleh munculnya ledakan gerakan kaum buruh dan berbagai gerakan radikal yang bertujuan menghancurkan sistem kapitalisme.

Baca Juga : Ada 10+ Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial dan Beserta Contohnya

Adanya revolusi industri, munculnya kapitalisme, dan reaksi pertentangan itulah yang menimbulkan gejolak pada masyarakat Barat. Nah, gejolak sosial inilah yang sangat mempengaruhi para Sosiolog seperti Marx, Weber, Durkheim, dan Simmel, yang sangat perihatin terhadap perubahan-perubahan sosial yang besar. 

Dengan demikian berbagai masalah sosial bermunculan dan timbul dalam masyarakat sebagai keseluruhan akibat adanya perubahan dan kondisi sosial pada saat itu. 

Keempat tokoh Sosiologi itulah yang menghabiskan hidupnya untuk mempelajari fenomena-fenomena sosial kemasyarakat pada saat itu.

Dan dalam berbagai kasus sosial, para tokoh tersebut berupaya untuk dapat mengembangkan program-program yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan sosial pada masyarakat Eropa kala itu. 

Sumber Referensi :

Buku Teori Sosiologi Modern George Ritzer - Douglas J Goodman

Sumber Foto : Internet

COMMENTS

Artikel Populer

Name

Event Figur jasa Kampus NarasiTalks Politik Sosiologi Teori terpojok Tokoh Sosiologi Video Vlog
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru: Ini Perkembangan Sosiologi Awal, Adanya Revolusi serta Munculnya Sistem Kapitalisme
Ini Perkembangan Sosiologi Awal, Adanya Revolusi serta Munculnya Sistem Kapitalisme
Ini Perkembangan Sosiologi Awal, Adanya Revolusi serta Munculnya Sistem Kapitalisme.
https://1.bp.blogspot.com/-BBtzYtojVDA/X8i4Ol6QaeI/AAAAAAAAEUU/O1MKk_sqVcASMHD3VSe78hDAdTMX8AEiwCLcBGAsYHQ/s16000/Ini%2BPerkembangan%2BSosiologi%2BAwal%2BAdanya%2BRevolusi%2Bserta%2BMunculnya%2BSistem%2BKapitalisme.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-BBtzYtojVDA/X8i4Ol6QaeI/AAAAAAAAEUU/O1MKk_sqVcASMHD3VSe78hDAdTMX8AEiwCLcBGAsYHQ/s72-c/Ini%2BPerkembangan%2BSosiologi%2BAwal%2BAdanya%2BRevolusi%2Bserta%2BMunculnya%2BSistem%2BKapitalisme.jpg
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru
https://www.sosiologi.info/2020/12/perkembangan-sosiologi-awal-adanya-revolusi.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2020/12/perkembangan-sosiologi-awal-adanya-revolusi.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy