11 Dampak Positif Gejala Sosial di Masyarakat

Sosiologi Info - Dampak positif gejala sosial di kehidupan masyarakat sehari hari akan kita jumpai. Berikut ini penjelasan sekilas gejala sosial, faktor penyebab, simak yuk !

Sekilas Penjelasan Gejala Sosial

Manusia yang hidup berdampingan dengan orang lain dan komunitas di lingkungan kelompok masyarakat, akan memulai berbagai interaksi dan komunikasi sosial tersebut.

Jalannya interaksi dan komunikasi ini bagian penting dari sosialisasi yang tengah dilakukan oleh setiap individu, komunitas dan masyarakat. 

Kesepakatan atau konsensus akan nilai dan norma pun disetujui sebagai awal serta membangun pondasi kehidupan sosial bersama.

Memang meski pun konsensus itu terjadi, kita tidak menutup kemungkinan akan terjadinya sebuah gejala sosial. 

Misalnya gejala sosial adanya seseorang yang melakukan penyimpangan, seperti mencuri, merampok, pemerkosaan, dan lainnya. 

Begitu juga gejala sosial dalam berbagai bidang, seperti dalam ekonomi, politik, hukum, budaya, religius/keagamaan, dan dalam jenis lainnya.

Baca Juga : Ada 18 Dampak atau Pengaruh Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya 

Dinamika kemunculan gejala sosial ini pun tidak lepas dari adanya pengaruh pengaruh orang lain atau adanya modernisasi, globalisasi, dan penyerapan kebudayaan luar.

Itu semua bisa berdampak memimbulkan adanya gejala sosial dalam berbagai jenis yang mungkin bisa kita jumpai.

Lalu apa sih pengertian dari gejala sosial ? Kejadian atau peristiwa yang terjadi diantara dan dimana dilakukan oleh manusia (individu) tersebut, baik antara inidividu, dan berbagai kelompok masyarakat.

Gejala Sosial adalah sebuah peristiwa yang terjadi diantara dan dilakukan oleh manusia, baik secara individu maupun dalam kelompok sosial. 

Berbagai kemunculan gejala sosial juga tidak terlepas dari adanya perilaku maupun tindakan seseorang dalam menyikapi perubahan maupun dinamika kehidupan.

Mungkin kita hanya berpikir munculnya gejala sosial di kehidupan masyarakat selalu membuat timbulnya dampak negatif yang merugikan. 

Nah padahal ada juga gejala sosial ini yang memberikan dampak positif kepada keberlangsungan kehidupan tatanan masyarakat. Apa saja ? simak dibawah ini beberapa dampak positifnya.

Dampak Positif Gejala Sosial 

Ada banyak berbagai gejala sosial bermunculan di kehidupan masyarakat sehari harinya. Lalu apakah hanya akan menimbulkan dampak negatif ?

Nah ternyata tidak, dampak positif gejala sosial di masyarakat juga mesti kita sampaikan. Itu pasti ada. 

Beberapa dampak positif adanya gejala sosial di kehidupan masyarakat sehari hari, yaitu sebagai berikut :

Pertama, peluang atau adanya potensi muncul nilai, norma yang baru di dalam masyarakat

Kedua, semakin terbuka peluang mobilitas sosial di berbagai kehidupan masyarakat

Ketiga, semakin adanya berkembangan industri modern di lingkungan dan kehidupan masyarakat

Keempat, berkembangnya teknologi dan budaya akan sadarnya ilmu pengetahuan atau keilmuan di masyarakat

Kelima, masyarakat juga akan melek terhadap dunia politik, dimana tingkat kesadarannya semakin baik untuk terlibat dalam politik

Keenam, adanya peningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang atau sektor kehidupan sosial masyarakat

Ketujuh, semakin meningkatnya tingkat pendidikan formal dan pemerataannya semakin dilakukan

Kedelapan, terjadi dan adanya diferensiasi struktural di berbagai elemen dan sektor sektor di masyarakat

Kesembilan, membuat munculnya struktur dan hubungan hubungan sosial terbaru 

Kesepuluh, upaya dalam melakukan pemerdayaan/memberdayakan perempuan demi wujudkan kesetaraan gender makin mencuat.

Kesebelas, adanya perlindungan terhadap warga/masyarakat dalam hal kebebasan. Misalnya kebebasan dalam demokrasi, memeluk kepercayaan, agama, dan contoh lainnya.

Nah itulah ada beberapa dampak positif gejala sosial yang mungkin sering kita jumpai dalam kehidupan masyarakat sehari harinya.

Sumber referensi :
https://www.ruangguru.com
https://brainly.co.id