-->

Jelaskan Bentuk Pengendalian Sosial Berdasarkan Sifatnya, Beri Contoh

Jelaskan Bentuk Pengendalian Sosial Berdasarkan Sifatnya, Contohnya
Jelaskan Bentuk Pengendalian Sosial Berdasarkan Sifatnya, Beri Contoh

Sosiologi Info - Apa saja bentuk dari pengendalian sosial di masyarakat yang berdasarkan pada sifatnya, jelaskan dan berikan contohnya ?

Mau tahu, simak dibawah ini penjelasan dan ulasannya agar dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran mengenai pengendalian sosial, yuk baca.

Mengenal Pengendalian Sosial

Apa sih yang kamu ketahui mengenai pengendalian sosial ? Nah kenapa pengendalian sosial itu menjadi penting untuk dilakukan di setiap kehidupan masyarakat.

Ya memang, bisa kamu lihat berbagai gejala, fenomena, serta berbagai kasus tindakan penyimpangan yang dilakukan oleh warga.

Baca Juga : Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

Mulai dari pejabat yang korupsi, warga yang menyimpang dengan melakukan tindakan pelecehan seksual, serta berbagai kasus penyimpangan lainnya.

Oleh karena itu, perlu untuk melakukan suatu pengendalian sosial di masyarakat. Pengendalian sosial adalah pengawasan dari suatu kelompok terhadap kelompok yang lainnya.

Maupun antara individu dengan individu, atau individu dengan kelompok dan sebaliknya demikian. Itulah suatu pengendalian sosial di masyarakat.

Baca Juga : Sifat dan Ciri Pengendalian Sosial Beserta Contohnya di Masyarakat

Menurut Peter L Berger menjelaskan bahwa pengendalian sosial ialah berbagai cara yang digunakan oleh masyarakat untuk melakukan penertiban kepada anggotanya yang menyimpang. 

Lalu apa saja bentuk dari pengendalian sosial yang ada di masyarakat ? Nah berikut dibawah ini bentuk pengendalian sosial berdasarkan sifatnya. Yuk baca.

Bentuk Pengendalian Sosial

Memang ada beberapa bentuk atau jenis dari pengendalian sosial di masyarakat, mulai dari pengendalian sosial berdasarkan caranya, hingga berdasarkan pelaku dan sasarannya.

Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas bentuk pengendalian sosial berdasarkan sifatnya, yaitu :

1. Upaya Preventif

Bentuk pengendalian sosial ini adalah upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan terhadap kedamaian serta ketertiban di masyarakat.

Nah biasanya upaya ini dilaksanakan dengan cara melalui proses proses sosialisasi yang digenjot di masyarakat tersebut. 

Baca Juga : Pola dan Bentuk Pengendalian Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Contohnya misalnya seperti saat sekarang yang sedang masa pandemi Covid-19. Pemerintah melalui iklan, spanduk, dan sosialisasi kepada warga untuk patuh protokol kesehatan.

Agar tidak banyak lagi warga yang terpapar virus Covid-19. Begitu juga ajakan untuk mengikuti suntik vaksin Covid-19 yang gencar dilakukan pemerintah.

2. Upaya Represif

Bentuk pengendalian sosial ini ialah upaya yang dilakukan untuk mengembalikan kedamaian dan ketertiban masyarakat yang pernah ada sebelumnya.

Namun, terganggu. Nah upaya upaya represif dilakukan dalam bentuk memberikan seseorang sanksi kepada warga atau masyarakat yang menyimpang tersebut. 

Baca Juga : Jelaskan Bentuk Pengendalian Sosial Berdasarkan Caranya dan Beri Contoh

Atau seseorang yang melanggar suatu norma yang sedang berlaku di masyarakat. Misalnya contoh jatuhan hukuman penjara kepada pelaku oknum pelecehan seksual.

Oknum pejabat, gubernur, bupati, walikota, anggota dewan yang melakukan tindak pidana korupsi yang diberikan hukuman kurungan penjara oleh penegak hukum.

Nah itulah sekilas penjelasan untuk memahami pembahasan tentang Bentuk Pengendalian Sosial Berdasarkan Sifatnya Beri Contohnya di Masyarakat. Jelaskan ! Itulah jawabannya.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi untuk kelas 11 SMA dan MA pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !