-->

7 Contoh Modernisasi di Bidang Industri, Perikanan

Ada 7 Contoh Modernisasi di Bidang Industri, Perikanan di dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya.
7 Contoh Modernisasi di Bidang Industri, Perikanan

Sosiologi Info - Apa saja contoh modernisasi di Bidang sektor aspek industri atau perindustrian, serta perikanan yang ada di kehidupan masyarakat sehari-harinya, jelaskan !

Nah untuk mengetahui jawaban diatas, mari simak penjelasan pengertian modernisasi secara umum, beserta dengan contohnya di dalam masyarakat. Yuk baca.

Sekilas Pengertian Modernisasi

Kehidupan manusia di bumi memang berjalan secara dinamis dan terjadi perubahan dalam waktu tertentu. Bisa dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. 

Semua tergantung pada percepatan dari penyerapan di dalam masyarakat terhadap suatu hal baru yang diyakininya sebagai suatu perubahan wajib.

Bagi keberlangsungan kehidupan individu, kelompok yang lebih luas di masyarakat. Tidak menutup kemungkinan, bahwa perubahan itu membawa manusia mengarah kepada.

Hal yang dulunya tradisional sekarang mengarah kepada yang lebih modern atau dari irasional menuju rasional. Karena adanya perubahan sosial, budaya, politik, ekonomi, bisnis, dan lainnya. 

Pengaruh dari adanya modernisasi di dalam kehidupan masyarakat memang telah terjadi secara perlahan. Serta dalam kurun waktu cepat.

Apalagi percepatan dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek telah masuk keberbagai ranah kehidupan individu itu sendiri. 

Lantas apa pengertian modernisasi yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat pada lingkungan sekitarnya manusia ?

Secara etimologis kata modern diartikan sebagai kata yang mempunyai dua penafsiran yaitu dalam arti baru yang berlawanan dengan kata lama atau kuno. 

Artinya bahwa baru itu adalah sesuatu yang belum ada sebelumnya di dalam masyarakat. 

Dalam artian yang selalu dianggap baru dan tidak pernah dianggap usah sehingga berlaku sepanjang masa. Dengan demikian kata modern adalah sebagai progresif dan dinamis.

Oleh karena itu secara umum, pengertian modernisasi adalah upaya untuk menciptakan sesuatu yang baru yang mana dibutuhkan dan digunakan oleh masyarakat, baik untuk di masa sekarang atau masa depan, mendatang. 

Nah perlu diingat bahwa, sesuatu yang baru ini bukan berarti tidak ada sebelumnya. Tapi, bisa saja dianggap baru, tidak usang sehingga berlaku sepanjang masa, dengan selalu dilakukan pembaharuan.

Menurut Koentjaraningrat memberikan pengertian modernisasi adalah suatu usaha sadar yang mana dilakukan oleh suatu bangsa pada suatu kurun tertentu dimana bangsa itu hidup. 

Begitu lah secara umumnya memang modernisasi ini memilki berkonotasi kepada upaya untuk melakukan pembaharuan.

Dengan menciptakan sesuatu yang baru serta yang belum pernah ada sebelumnya. 

Kemudian menurut ahli Soerjono Soekanto menjelaskan pengertian modernisasi adalah suatu bentuk dari suatu perubahan yang terarah.

Yang mana didasarkan pada suatu perencanaan. Serta yang baisanya dinamakan dengan istilah social planning. Nah itulah sekilas pengertian modernisasi menurut para ahli, dan tokoh sosiologi.

Lantas apa saja contoh modernisasi di dalam kehidupan masyarakat di Indonesia ? Nah terkhususnya pada kesempatan kali ini di bidang perindustrian dan perikanan. Yuk baca terus.

Contoh Modernisasi di Bidang Industri, Perikanan

Apa saja contoh dari modernisasi di dalam aspek sektor bidang perindustrian atau industri serta perikanan yang ada pada masyarakat Indonesia ?

Mari simak pembahasan contoh modernisasi dibawah ini beserta dengan penjelasannya agar mudah memahami materi diatas.

Ada 3 Contoh Modernisasi di Bidang Industri

Beberapa contoh modernisasi di dalam bidang industri pada kehidupan masyarakat sehari-hari di lingkungan sekitarnya yaitu :

1. Menggunakan Bantuan Mesin-Mesin yang Canggih 

Dalam perkembangan modernisasi di bidang perindustrian atau industri di kegiatan masayrakat, kita akan menjumpai banyak perubahan.

Terutamanya dalam bantuan mesin-mesin canggih yang digunakan untuk menggantikan beberapa peran manusia di dalam produksi industri tersebut.

Itulah contoh modernisasi di bidang industri yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat, terutamanya dalam sektor perindustrian.

2. Adanya Penciptaan Robot untuk Menggantikan Manusia

Selanjutnya contoh modernisasi di bidang industri tak kalah penting yaitu penciptaan dan penemuan robot untuk menggantikan tenaga manusia.

Ada sebagian perusahaan atau pabrik yang menggunakan robot sebagai pengganti dari menggunakan tenaga manusia.

Penemuan robot ini menjadi contoh modernisasi di dalam berbagai aspek kehidupan dan di berbagai bidang, khususnya dalam bidang perindustrian di perusahaan.

3. Pembuatan Sistem Canggih dalam Membantu Pekerjaan Manusia

Berbagai sistem canggih dengan menggunakan bantuan komputer atau pun perlengkapan lainnya. Dalam membantu setiap pekerjaan manusia.

Sebut saja misalnya di bidang minimarket akan dibantu dengan sistem penghitungan harga menggunakan bantuan komputer, serta ada scan barcode.

Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam saat bertransaksi. Itulah contoh dari modernisasi di dalam bidang industri di kehidupan masyarakat.

Ada 4 Contoh Modernisasi di Bidang Industri, Perikanan

Beberapa contoh modernisasi di dalam bidang perikanan pada kehidupan masyarakat sehari-hari di lingkungan sekitarnya yaitu :

1. Pembaharuan dalam Menggunakan Metode Pengembangbiakan Perikanan

Akan adanya suatu pembaharuan di dalam perikanan saat modernisasi memasukinya, yakni dengan penggunaan metode pengembangbiakan perikanan.

Yang lebih modern dan canggih telah membantu setiap individu atau kelompok dalam melakukan riset pengembangan perikanan tersebut di masyarakat.

2. Adanya Penggunaan Peralatan dan Perlengkapan Canggih yang Modern

Contoh modernisasi di bidang perikanan yaitu dengan semakin majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek.

Telah memberikan penggunaan peralatan dan perlengkapan yang canggih kepada para pebisnis atau peternak perikanan.

Dengan demikian, akan lebih mudah untuk melakukan perawatan, dan dalam pemeliharaan ikan jadi lebih terjaga dengan baik.

3. Pendistribusian yang Lebih Mudah, Cepat, dan Efisien

Tanpa disadari memang dalam penyaluran atau pendistribusian di bidang perikanan akan jadi lebih mudah, cepat, fleksibel, karena canggihnya alat yang digunakan.

Untuk mendistribusikan produk, bahan, perlengkapan, dan kebutuhan dalam bidang perikanan bagi masyarakat.

4.Pemeliharaan dalam Perikanan Jauh Lebih Canggih

Terakhir contoh modernisasi di dalam bidang perikanan yaitu mengenai cara dalam pemeliharaan ikan yang lebih modern dan canggih.

Dengan menggunakan bantuan alat perengkapan yang baik, canggih seperti misalnya dalam membuat aliran air, dan lainnya.

Yang dapat memberikan perkembangbiakan ikan bagus, dan tumbuh dengan sehat, serta kelebihan lainnya. 

Demikianlah pembahasan dan penjelasan tentang topik diatas mengenai Ada 7 Contoh Modernisasi di Bidang Industri, Perikanan di dalam masyarakat. 

Sumber Rujukan Sosiologi.info : 

http://eprints.stainkudus.ac.id/, diakses pada Senin, 14 Februari 2022
 
http://library.binus.ac.id/, diakses pada Senin, 14 Februari 2022

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !