3 Motivasi Meraih Kemenangan dan 5 Cara Membangun Tim Debat yang Solid
Sosiologi Info - Kemenangan saat mengikuti event lomba menjadi daya tarik dan motivasi bagi kita sebagai Mahasiswa. Dengan adanya reward tersebut kita akan memacu diri untuk lebih baik dan bisa memenangkan kompetisi tersebut.

https://www.sosiologi.info/2020/07/5-tips-mengatur-waktu-saat-kuliah-pilih-belajar-organisasi.html
Event Debat. Dalam kompetisi debat, ada serangkaian ketentuan yang mesti kita lewatkan, seperti mengirimkan esai, maupun melengkapi administrasi lomba. 

Namun, tidak kalah pentingnya bagaimana kita bisa membuat dan menciptakan tim yang solid, baik saat awal pengiriman esai dan saat akan melaksanakan perlombaan. 

Lalu, Bagaimana cara kita agar bisa meraih kemenangan saat kompetisi dan mempunyai tim debat yang solid ?

Yuk saksikan dan dengarkan narasi talks bincang figur yang kali ini kita kedatangan tamu dari Alumni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Jurusan Pendidikan Geografi, yaitu Maya Eka Septiana, S.Pd

Beberapa pertanyaan yang masuk di DM Instagram Sosiologi Info (Follow : ), berikut ini draf pertanyaannya :

Terimakasih ya Maya, sudah bersedia berbagai cerita dan pengalaman selama kuliah, serta berbagi tips menulis esai untuk kawan-kawan mahasiswa.

Nah, berikut ini beberapa pertanyaan yang kami saring dari pertanyaan yang masuk.

8. Bagaimana cara kakak agar belajar selalu efektif disaat kesibukan mengikuti lomba dan organisasi kampus kak ?
9. Saran untuk kami yang baru memulai untuk mengirim esai, ikut lomba nasional kak, agar selalu semangat dan optimis lolos.
10. Terakhir kak, bagaimana cara membangun tim debat yang solid saat mengikuti lomba, mulai dari tahap awal pengiriman esai dan pada saat lomba berlangsung kak, boleh ceritakan kak ?

Motivasi sukses meraih kemenangan mengirimkan esai lomba. Setiap orang punya motivasinya sendiri. Motivasi seseorang tidak akan sama, pasti ada pembeda. 

Entah itu karena ada dorongan dari orang lain, maupun atas kemauan sendiri. Nah, lalu bagaimana motivasi untuk kita agar selalu semangat dan optimis dalam mengikuti lomba esai dan debat yang kita baru mencoba, berikut ini tipsnya.


3 Motivasi Meraih Kemenangan saat hendak mencoba mengirimkan ide dan gagasan hasil karya, yaitu sebagai beriku :

Pertama, Untuk mendapatkan kemenangan itu tidak mudah, ada banyak rekan kompetisi kita, dan mereka akan berusaha untuk menjadi terbaik. 

Kedua, Untuk meraih apa yang kita mau kita harus terus mengulang dan mengulang, ya misalnya ikut lomba kalau gak berhasil ya coba terus, sampai LOLOS !

Ketiga, Kesusahan kita akan diberikan gantinya, baik itu rezeki dan hal lainnya.

Itulah sekilas narasi tentang bagaimana kita memotivasi diri untuk selalu berusaha dan pantang menyerah dalam mengikuti berbagai lomba.

5 Cara membangun tim debat yang solid. Hal yang penting sudah semestinya kita perhatikan agar tim debat yang kita bangun menjadi solid. 

Baik saat memulai mengirimkan esai sebagai persyaratan lomba debat, maupun saat melaksanakan lomba tersebut. Nah berikut ini ada lima cara yang bisa kamu terapkan untuk tim debat kamu, yuk simak !

Pertama, Tim debat terdiri dari tiga orang, usahakan kita selalu bersama.

Kedua, Carilah tim dari berbagai disiplin ilmu, atau jurusan yang berbeda, maka akan ada banyak perspektif yang bisa kita kembangkan.

Ketiga, Sering-sering kumpul bareng dan jalan-jalan.

Keempat, Usahakan jangan pas lomba saja bareng-bareng, sehingga kita bisa diskusi lebih banyak untuk membahas mosi/argumen masing masing.

Kelima, Harus sama-sama saling mengerti kemauan dan keinginan dari masing-masing kitanya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan kawan-kawan mendengarkan rekaman video diatas ya. Jika ada pertanyaan silahkan komentar saja di kolom komentar, baik di Youtube, IG, FB Sosiologi Info.

Terimakasih, selalu semangat untuk membangun peradaban intelektual organik untuk masyarakat yang kritis !