-->

Ini Prinsip Analisis dan Model Konflik Menurut Randall Collins

Konflik adalah proses sentral dalam kehidupan masyarakat. Menurut Randall Collins Ada 5 Prinsip Analisis dan 3 Model Konflik Stratifikasi Sosial.

Menurut Randall Collins Ada 5 Prinsip Analisis dan 3 Model Konflik Stratifikasi Sosial

Sosiologi Info - Konflik adalah proses sentral dalam kehidupan masyarakat. Menurut Randall Collins Ada 5 Prinsip Analisis dan 3 Model Konflik Stratifikasi Sosial.

Contoh Fenomena Sosial yang Nampak. Menurut Randall Collins, organisasi merupakan sebuah arena konflik. Konflik antar suatu organisasi dengan organisasi lain ataupun konflik di dalam organisasi itu sendiri, yaitu individu antar individu.

Interaksi sosial yang dilakukan oleh individu berkaitan dengan adanya kepentingan, kekuasaan, kekayaan, status sosial, yang masing-masing ingin dicapai oleh individu dalam organisasi sosial.

Untuk lebih lengkapnya silahkan membaca dibawah ini : 

Fokus Teori Konflik Perspektif Randall Collins dan Contoh Fenomena Sosialnya

Contoh yang nampak bisa kita lihat para organisasi politik, dimana kepentingan, kekuasaan yang saling memberikan power pengaruh kepada anggota dan pengikuti.

Adanya ego yang tinggi menyebabkan konflik di tubuh partai politik tidak bisa dihindarkan, konflik akan selalu ada di organisasi politik.

Misalnya, bisa kita lihat konflik perebutan ketua umum, yang biasanya ada dualisme kepemimpinan di tubuh partai politik. 

Yang ujung-ujungnya, diantara individu yang berkonflik karena adanya dorongan emosional atau ego akan keluar dari struktur partai.

Baca Juga : Teori Konflik dalam Perspektif Ralf Dahrendorf

Dan pastinya akan mendirikan partai politik sendiri bersama individu lain yang merasa tidak mendapatkan ruang di partai politik sebelumnya.

Itu contoh sekilas yang bisa kita lihat dalam konflik, karena adanya manuver dari setiap individu yang ada.

Proses sosial. Konflik adalah proses sentral dalam kehidupan masyarakat. Struktur sosial tidak terpisah dari aktor yang membangunnya. 

Struktur sosial adalah esensi pola interaksi individu dalam struktur terus menerus menciptakan ulang organisasi sosialnya.

Baca Juga : Teori Konflik Menurut Perspektif Lewis A Coser

Tiga Model Konflik Stratifikasi Sosial Menurut Randall Collins, yaitu sebagai berikut :

1. Individu yang hidup dalam dunia, terkonstruksi secara subjektif dimana dibangunnya sendiri.

2. Beberapa orang/individu memiliki kekuasaan untuk dapat memberikan pengaruh atau mempengaruhi konstruksi dunia subjektif individu, atau dapat mengontrol pengalaman subjektif dari individu. 

3. Adanya beberapa orang untuk berusaha mempengaruhi konstruksi subjektif tersebut, serta adanya kecenderungan dari individu untuk mengontrol orang yang berbeda atau menentang subjektifitas individu tersebut.


Lima Prinsip Analisis Konflik Menurut Randall Collins, yaitu sebagai berikut :

1. Teori konflik harus memusatkan perhatian pada dunia nyata dari pada dunia abstrak.

2. Teori konflik stratifikasi harus meneliti susunan material yang mempengaruhi interaksi.

3. Dalam situasi timpang, kelompok penguasa sumber daya kemungkinan akan mencoba mengeksploitasi kelompok sumber daya terbatas.

4. Fenomena kultural (keyakinan+ide) dilihat dari sudut pandangan kepentingan, sumber daya, dan kekuasaan.

5. Dalam melihat stratifikasi, teori konflik harus mengadakan penelitian empiris.

Sumber foto : https://koransulindo.com/

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !