Ini Prinsip Analisis dan Model Konflik Menurut Randall Collins - Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru Ini Prinsip Analisis dan Model Konflik Menurut Randall Collins | Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru

$hide=home

$hide=home

[Artikel Terbaru]_$type=grid$m=0$rdm=0$show=home$cat=hide$d=hide$count=5$t=hide$s=0

Ini Prinsip Analisis dan Model Konflik Menurut Randall Collins

Konflik adalah proses sentral dalam kehidupan masyarakat. Menurut Randall Collins Ada 5 Prinsip Analisis dan 3 Model Konflik Stratifikasi Sosial.

Menurut Randall Collins Ada 5 Prinsip Analisis dan 3 Model Konflik Stratifikasi Sosial

Sosiologi Info - Konflik adalah proses sentral dalam kehidupan masyarakat. Menurut Randall Collins Ada 5 Prinsip Analisis dan 3 Model Konflik Stratifikasi Sosial.

Contoh Fenomena Sosial yang Nampak. Menurut Randall Collins, organisasi merupakan sebuah arena konflik. Konflik antar suatu organisasi dengan organisasi lain ataupun konflik di dalam organisasi itu sendiri, yaitu individu antar individu.

Interaksi sosial yang dilakukan oleh individu berkaitan dengan adanya kepentingan, kekuasaan, kekayaan, status sosial, yang masing-masing ingin dicapai oleh individu dalam organisasi sosial.

Untuk lebih lengkapnya silahkan membaca dibawah ini : 

Fokus Teori Konflik Perspektif Randall Collins dan Contoh Fenomena Sosialnya

Contoh yang nampak bisa kita lihat para organisasi politik, dimana kepentingan, kekuasaan yang saling memberikan power pengaruh kepada anggota dan pengikuti.

Adanya ego yang tinggi menyebabkan konflik di tubuh partai politik tidak bisa dihindarkan, konflik akan selalu ada di organisasi politik.

Misalnya, bisa kita lihat konflik perebutan ketua umum, yang biasanya ada dualisme kepemimpinan di tubuh partai politik. 

Yang ujung-ujungnya, diantara individu yang berkonflik karena adanya dorongan emosional atau ego akan keluar dari struktur partai.

Baca Juga : Teori Konflik dalam Perspektif Ralf Dahrendorf

Dan pastinya akan mendirikan partai politik sendiri bersama individu lain yang merasa tidak mendapatkan ruang di partai politik sebelumnya.

Itu contoh sekilas yang bisa kita lihat dalam konflik, karena adanya manuver dari setiap individu yang ada.

Proses sosial. Konflik adalah proses sentral dalam kehidupan masyarakat. Struktur sosial tidak terpisah dari aktor yang membangunnya. 

Struktur sosial adalah esensi pola interaksi individu dalam struktur terus menerus menciptakan ulang organisasi sosialnya.

Baca Juga : Teori Konflik Menurut Perspektif Lewis A Coser

Tiga Model Konflik Stratifikasi Sosial Menurut Randall Collins, yaitu sebagai berikut :

1. Individu yang hidup dalam dunia, terkonstruksi secara subjektif dimana dibangunnya sendiri.

2. Beberapa orang/individu memiliki kekuasaan untuk dapat memberikan pengaruh atau mempengaruhi konstruksi dunia subjektif individu, atau dapat mengontrol pengalaman subjektif dari individu. 

3. Adanya beberapa orang untuk berusaha mempengaruhi konstruksi subjektif tersebut, serta adanya kecenderungan dari individu untuk mengontrol orang yang berbeda atau menentang subjektifitas individu tersebut.


Lima Prinsip Analisis Konflik Menurut Randall Collins, yaitu sebagai berikut :

1. Teori konflik harus memusatkan perhatian pada dunia nyata dari pada dunia abstrak.

2. Teori konflik stratifikasi harus meneliti susunan material yang mempengaruhi interaksi.

3. Dalam situasi timpang, kelompok penguasa sumber daya kemungkinan akan mencoba mengeksploitasi kelompok sumber daya terbatas.

4. Fenomena kultural (keyakinan+ide) dilihat dari sudut pandangan kepentingan, sumber daya, dan kekuasaan.

5. Dalam melihat stratifikasi, teori konflik harus mengadakan penelitian empiris.

Sumber foto : https://koransulindo.com/

COMMENTS

Artikel Populer

Name

Event Figur jasa Kampus NarasiTalks Politik Sosiologi Teori terpojok Tokoh Sosiologi Video Vlog
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru: Ini Prinsip Analisis dan Model Konflik Menurut Randall Collins
Ini Prinsip Analisis dan Model Konflik Menurut Randall Collins
Konflik adalah proses sentral dalam kehidupan masyarakat. Menurut Randall Collins Ada 5 Prinsip Analisis dan 3 Model Konflik Stratifikasi Sosial.
https://1.bp.blogspot.com/-YPtoMVG5cY8/X8wh26HJgPI/AAAAAAAAEWA/xaFZJEqEPMcwPRWr6QThXpYFRlWh_cWOACLcBGAsYHQ/s16000/Menurut%2BRandall%2BCollins%2BAda%2B5%2BPrinsip%2BAnalisis%2Bdan%2B3%2BModel%2BKonflik%2BStratifikasi%2BSosial.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-YPtoMVG5cY8/X8wh26HJgPI/AAAAAAAAEWA/xaFZJEqEPMcwPRWr6QThXpYFRlWh_cWOACLcBGAsYHQ/s72-c/Menurut%2BRandall%2BCollins%2BAda%2B5%2BPrinsip%2BAnalisis%2Bdan%2B3%2BModel%2BKonflik%2BStratifikasi%2BSosial.jpg
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru
https://www.sosiologi.info/2020/12/menurut-randall-collins-prinsip-analisis-dan-model-konflik-stratifikasi.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2020/12/menurut-randall-collins-prinsip-analisis-dan-model-konflik-stratifikasi.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy