Contoh Kasus dari Paradigma Definisi Sosial di Kehidupan Masyarakat

Sosiologi Info - Apa saja contoh kasus dari paradigma definisi sosial yang ada di kehidupan sehari hari masyarakat. 

Sebelum jauh kesana yuk pahami dulu sekilas paradigma definisi sosial, mulai dari pengertian dan beberapa teorinya. 

Sekilas Memahami Paradigma Definisi Sosial

Mari kita ketahui bagaimana paradigma definisi sosial ini dalam pengertian dan teori-teori apa saja yang masuk ke dalam definisi sosial. 

Paradigma definisi sosial dapat kita lihat dari hasil proses berpikir manusia itu sendiri sebagai individu yang ada.

Individu yang dilihat dapat merancang dan mendefinisikan makna serta interaksi sosial, yang mana dilihat sebagai pelaku tindakan yang bebas.

Tetapi tetap bertanggungjawab terhadap tindakan tersebut. Dalam bertindak dan berinteraksi dimana seseorang tetap dibawah pengaruh bayang-bayang struktur sosial.

Dan pranata yang ada dalam masyarakat. Fokus pada paradigma definisi sosial tetap pada individu dengan tindakannya tersebut.

Menurut paradigma definisi sosial, proses aksi dan interaksi yang bersumber pada kemauan individu itulah yang menjadi pokok persoalan dari paradigma ini. 

Paradigma definisi sosial, memandang, bahwa hakikat dari realitas sosial itu (dalam banyak hal) yang mana lebih bersifat subjektif.

Dibandingkan objektif meyangkut keinginan dan tindakan individual. Realitas sosial itu lebih didasarkan kepada definisi subjektif dari pelaku-pelaku individual yang ada. 

Menurut paradigma definisi sosial, tindakan sosial tidak pertama-tama menunjuk kepada struktur sosial, tetapi sebaliknya.

Bahwa struktur sosial merujuk pada agregat definisi (makna tindakan) yang telah dilakukan oleh individu-individu anggota masyarakat tersebut.

Kamu bisa membaca ulasan singkat berbagai paradigma dalam Sosiologi dibawah ini, klik saja :

1. Tiga Paradigma dalam Sosiologi oleh George Ritzer
2. Paradigma Fakta Sosial
3. Paradigma Definisi Sosial

4. Paradigma Perilaku Sosial

Max Weber menjadi tokoh yang paling populer dalam paradigma definisi sosial. Weber memperkenalkan analisisnya tentang tindakan sosial atau social action. 

Yang mana Weber menuliskan pada hasil tesisnya bahwa suatu tindakan manusia itu penuh dengan arti. Menurut Weber setiap tindakan itu mengandung makna yang mendalam dari seseorang yang melakukannya. 

(Kamu bisa membaca tentang teori tindakan sosial Max Weber berikut ini  Tindakan Sosial Weber)

Perlu diingat bahwa prinsip rasionalitas memberikan suatu tindakan kuat terhadap paradigma definisi sosial yang didasarkan pada karya Max Weber.

Dalam paradigma definisi sosial ini yang dianggap sebagau suatu kenyataan sosial yaitu tindakan sosial seseorang tersebut. 

Teori dalam Paradigma Definisi Sosial

Beberapa teori yang ada dalam paradigma definisi sosial bisa kamu gunakan untuk mengkaji fenomena sosial di kehidupan masyarakat sehari-harinya, yaitu : 

1. Teori Aksi

2. Teori Interaksi Simbolik

3. Teori Fenomenologi

4. Teori Dramaturgi

5. Teori Etnometodologi

6. Teori Konstruksi

Contoh Kasus dari Paradigma Definisi Sosial di Kehidupan Masyarakat Sehari Hari

Paradigma definisi sosial yang memberikan penjelasan kepada kita bahwa seseorang akan melakukan tindakan sosial, sesuai dengan tujuan yang dicapai. 

Seseorang melakukan tindakan itu karena terdapat aktivitasnya yang ada tujuan. Nah dimana tujuan ini mampu memberikan dan menciptakan serta membentuk sebuah realitas sosial itu sendiri. 

Misalnya contoh kasus dari paradigma definisi sosial bisa kamu lihat pada seseorang pengemis, di jalan raya, di lampu merah. 

Ia tampil dengan sebagaimana layaknya peng*mis yang ingin mendapatkan perhatian dan bantuan dari orang lain. 

Contoh lainnya ketika seseorang bermain media sosial, ia akan tampil beda ketika pamer aktivitasnya di jagat maya. 

Tampilannya pun akan serba mewah, glamor, serta penampilan yang mempunyai tujuan terhadap tindakan yang dilakukan seseorang di media sosial. 

Masih banyak kasus dan fenomena sosial yang bisa teman teman amati dengan menggunakan pendekatan paradigma definisi sosial. 

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai paradigma definisi sosial, teori/pendekatan konsep, beserta contoh kasusnya. 

Sumber Referensi : 

Modul 1 Paradigma Sosiologi dan Teori Pendekatannya oleh Drs Wagiyo, M.S